Lima Diet Terbaik Menurut Ahli yang Bisa Diterapkan Pada 2019

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 7 Januari 2019 | 14:39 WIB
Diet Mediterania (Lutfi Fauziah)

Nationalgeographic.co.id - Meskipun tidak ada diet tunggal yang terbaik untuk semua orang, tetapi para ahli kesehatan memberikan rekomendasi--yang setidaknya--baik untuk tubuh dan menghindari kita memilih jenis diet yang menyesatkan.

Berikut diet terbaik di 2019 menurut mereka:

Diet Mediterania

Selama dua tahun berturut-turut, diet Mediterania disebut-sebut sebagai diet terbaik di Amerika menurut U.S News & World Report.

Diet ini meliputi makan lebih banyak sayuran, gandum, lemak sehat (seperti minyak zaitun), protein tanpa lemak, serta menghindari makanan yang diproses, daging merah, dan gula.

Baca Juga : Sering Mendengkur dan Mengantuk Saat Siang? Mungkin Anda Mengalami Sleep Apnea

Diet Mediterania telah lama dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung. Juga menjaga kesehatan ginjal dan pencernaan.

Diet DASH

DASH, yang merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, dirancang secara khusus untuk menurunkan tekanan darah. Diet ini berusaha menurunkan asupan sodium dan menggantinya dengan makanan kaya mineral seperti potasium, kalsium, dan magnesium, yang dapat menurunkan darah rendah.

Pengikut diet DASH biasanya diminta untuk makan lebih banyak buah, sayuran, susu rendah lemak, gandum, dan membatasi daging merah, makanan manis dan berlemak.

Diet Flexitarian

Diet ini ditujukan untuk para "vegetarian fleksibel" dan dimaksudkan untuk mengurangi asupan daging, bukan menghentikan konsumsinya sama sekali. Meski begitu, pengikut diet ini memang harus lebih banyak makan sayuran.