Tarif Bagasi Meningkat, Berikut Trik Hemat Bagasi yang Bisa Dilakukan

By Nathania Kinanti, Kamis, 31 Januari 2019 | 12:30 WIB
Traveler with suitcase in airport concept.Young girl walking with carrying luggage and passenger for tour travel booking ticket flight at international vacation time in holiday rest and relaxation. (champlifezy@gmail.com)

Nationalgeographic.co.id - Meningkatnya tarif bagasi di beberapa maskapai, membuat beberapa penumpang yang kelebihan muatan harus meninggalkan beberapa barang bawaannya di Bandara.

Melihat hal tersebut, kita harus menyiasati agar tidak kelebihan bagasi. Termasuk saat mengepak barang bawaan.

Pertama-tama, lipat pakaian dengan cara yang simpel atau dengan menggulungnya. Dengan begitu, kita dapat menyisakan beberapa tempat dalam koper. Diusahakan untuk tidak membawa pakaian yang berat atau tebal seperti mantel dan pakaian berbahan jeans.

Baca Juga : Inilah 11 Alasan Mengapa Traveling Membuat Hidup Kita Lebih Bahagia

Selain itu, sebaiknya kita memilih warna pakaian yang mudah untuk dipadu padankan, begitu juga dengan akseseoris atau sepatu. 

Berat sepasang sepatu bisa mencapai 0,6 kilogram, bawalah sepatu dengan warna natural atau sandal.

Hal ini dapat menghemat tempat dalam koper dan mengurangi berat barang bawaan. Untuk seseorang yang bepergian dan membawa beberapa pasang kaos kaki, bisa dilipat dan dimasukkan kedalam sepatu.

Tips yang bisa dilakukan berikutnya adalah membawa peralatan mandi dalam ukuran kecil atau travel size. Jika hendak bepergian dalam kurun waktu yang lama, bisa juga dengan membeli peralatan mandi di tempat tujuan.

Baca Juga : Lima Cara Agar Tetap Sehat Saat Sedang Traveling

Bagi beberapa orang yang bepergian dengan banyak barang bawaan, taktik lain yang dapat digunakan adalah dengan mengirimkan sebagian barang melalui ekspedisi. Terdapat beberapa jasa ekspedisi dengan harga yang lebih murah dibanding biaya tambahan bagasi.

Setelah selesai mengepak barang bawaan, ada baiknya jika kita menimbang terlebih dahulu barang bawaan dengan timbangan portable. Jangan lupa juga untuk memeriksa kebijakan mengenai bagasi disetiap maskapai.

Dengan begitu jika barang bawaan kita berlebih, kita dapat memeriksa dan memisahkan barang bawaan yang tidak terlalu diperlukan agar sesuai dengan standar bagasi maskapai.