Dari Vampir Hingga Kurcaci, Inilah Legenda Polandia yang Mendunia

By Gita Laras Widyaningrum, Minggu, 3 Februari 2019 | 11:30 WIB
Istana Kornik yang menyimpan legenda terkenal Polandia. (iweta0077/Getty Images)

Nationalgeographic.co.id - Siapa pun yang mengunjungi Polandia pasti akan disambut dengan sejarah dinasti kerajaan dan perang di negara tersebut. Sejarah tersebut kaya akan cerita rakyat mengenai penyihir, hantu, pahlawan, dan monster.

Entah Anda penggemar atau bukan, namun bagi mereka yang tertarik dengan sihir dan paranormal, Polandia menawarkan banyak tempat menarik. Tentunya dengan cerita rakyat sebagai latar belakangnya. Berikut lima legenda Polandia yang cukup mendunia:

Vampir

Situs pemakaman di sekitar Polandia menunjukkan bukti ritual yang dilakukan untuk mencegah orang mati bangkit kembali. Mereka yang meninggal mendadak atau bunuh diri dianggap berisiko menjadi vampir. Sifat fisik tertentu juga dilihat sebagai faktor risiko, kidal misalnya.

Baca Juga : Makam Serdadu dan Anjing Kesayangannya yang Dibantai Laskar Dipanagara

Bukti praktik penguburan antivampir ditemukan pada situs penggalian pemakaman abad ke-17 dan 18, di desa Drawsko.

Di sana, ditemukan tubuh dengan sabit besi di sekitar leher serta batu di tenggorokan. Begitu pula dengan jasad enam wanita yang diduga menjadi subyek praktek antivampir yang ditemukan alun-alun Krakow. Dua orang dipenggal kepalanya, sementara tangan yang lainnya diikat dengan tali.

Naga Krakow

Kastil Wawel yang megah di Krakow terletak di atas bukit dengan gua-gua bercelah. Legenda mengatakan, dahulu kala, pada masa kepemimpinan Raja Krak, salah satu gua ditempati oleh naga yang meneror kota Krakow. Ia memakan para gadis dan hewan ternak.

Menurut legenda tertua, anak raja berhasil menipu naga ini dengan memberikannya daging sapi yang sudah dilumuri belerang. Isi perut naga pun terbakar dan ia akhirnya mati. Namun, cerita ini memiliki akhir yang suram. Pangeran muda yang cemburu membunuh kakak laki-lakinya dan melempar kesalahannya pada naga.

Versi lainnya menceritakan bahwa raja sendiri lah yang berhasil membunuh binatang jahat tersebut.

Perempuan Berkulit Putih