Hidung Menjadi Berair Ketika Makan Pedas? Hal Inilah Penyebabnya

By Nathania Kinanti, Kamis, 7 Februari 2019 | 11:00 WIB
Red chili peppers and chili flakes. (Kisa_Markiza)

Nationalgeographic.co.id – Pernahkah hidung Anda mengeluarkan ingus dan mata menjadi berair ketika sedang mengonsumsi makanan pedas?

Hal ini terjadi karena dalam cabai ataupun lada, terdapat zat yang dinamakan capsaicin. Zat tersebut bisa menyebabkan rasa terbakar ketika ia mengenai jaringan tubuh kita.

Baca Juga : Tidak Hanya Membangkitkan Selera, Inilah 6 Manfaat Sehat Makanan Pedas

Capsaicin dapat membuat selaput lendir mengalami iritasi. Awalnya, lendir diproduksi sesuai kebutuhan untuk melindungi saluran pernapasan dari infeksi seperti bakteri atau virus. Namun, jika selaput lendir ini terkena iritasi dari capsaicin, maka dia akan terangsang untuk memproduksi lendir dalam jumlah yang lebih banyak. Kelebihan lendir inilah yang membuat hidung kita “meler”.

Meskipun menyebabkan hidung dan mata kita berair, tetapi capsaicin juga bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penyakit dapat diobati dengan mengonsumsi capsaicin. Di antaranya, nyeri pada otot atau sendi seperti arthritis, sakit pada punggung, atau keseleo.

Baca Juga : Peneliti: Cokelat Lebih Ampuh Mengobati Batuk Dibanding Obat-obatan

Jika hidung tetap berair ketika kita tidak makan pedas, maka bisa jadi Anda terkena rhinitis, yang menyebabkan hidung menjadi pilek dan gatal saat mengonsumsi makanan tertentu.

Untuk mengatasi rasa pedas, dianjurkan untuk minum susu yang mengandung protein kasein. Susu dengan kasein dapat menghapus zat capsaicin sehingga mengeluarkan rasa panas dari mulut dan membantu mencegah kerusakan pada otot.