FOTO: Peningkatan Aktivisme karena Meningkatnya Ketegangan Ras

By Rahmad Azhar Hutomo, Jumat, 22 Februari 2019 | 11:19 WIB
Alumni organisasi sosial Alpha Phi Alpha di Clark Atlanta University menyambut anggota baru (kiri) organisasi huruf Yunani tertua untuk kaum Amerika Afrika, yang dianggotai oleh Frederick Douglass, W.E.B. Du Bois, dan Martin Luther King, Jr. (Nina Robinson)

Nationalgeographic.co.id - Dengan menguatnya ketegangan ras, universitas-universitas yang dulu khusus kulit hitam kini mengalami lonjakan pendaftaran dan jenis aktivisme baru.

Kini mahasiswa di Morehouse dan Spelman dipandang banyak orang sebagai teladan masyarakat kulit hitam, terbaik dan terpintar, yang memilih universitas tersebut meskipun mampu masuk ke universitas bergengsi lain yang tak mungkin bisa dimasuki generasi Amerika kulit hitam sebelumnya.

Baca Juga : Gambaran Kuat Kisah Keturunan Kulit Hitam di Amerika

Aktivisme di Spelman dan Morehouse juga telah merembes ke tempat-tempat yang tadinya tidak berkaitan. Sebagaimana beberapa perlambangan acara seperti Market Friday menyorot rasa kebanggaan ras yang baru, acara lainnya di kampus juga menegaskan solidaritas yang hanya ada di Historically Black Colleges And Universities (HBCU).

Foto dan tulisan: Nina Robinson