Setelah Salju Hitam, Kini Muncul Salju Berwarna Hijau di Rusia

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 27 Februari 2019 | 07:30 WIB
Salju berwarna hijau di Rusia. (RIA New Day/Youtube via IFL Science)

Nationalgeographic.co.id – Setelah ditemukan salju berwarna hitam sekarang ada salju hijau di Rusia. Apa penyebabnya?

Tersangka utama adalah pabrik krom yang berada di Pervouralsk, kota di wilayah pusat Sverdlovsk Oblast, dengan populasi berjumlah 125 ribu penduduk.

Baca Juga : Fenomena Firefall, Ketika Air Terjun Seperti Mengeluarkan Api

Meski mengakui bahwa bahan kimia berwarna hijau yang ‘mengotori’ salju berasal dari pabrik, tapi mereka menyatakan bahwa itu tidak akan memberikan kerugian dan tidak membahayakan kesehatan masyarakat.

“Ini adalah situasi yang cukup sering terjadi di Pervouralsk, tidak menimbulkan bahaya,” kata Vsevolod Oreshkin, juru bicara pabrik.

“Salju tersebut tidak mengancam nyawa maupun kesehatan warga. Ini adalah Pervouralsk, tempat berbagai macam perusahaan industri berdiri,” imbuhnya.

Salju hijau akibat limbah pabrik (RIA New Day/Youtube via IFL Science)

Namun, para orangtua dan guru tidak setuju akan hal ini. Kepada reporter setempat, mereka mengatakan bahwa anak-anak jatuh sakit setelah salju hijau muncul di dekat sekolah.

“Anak-anak menjadi sakit. Mereka batuk-batuk dan kulitnya berubah menjadi merah. Ada ruam juga di wajah anak-anak. Ini terjadi setelah mereka berjalan di atas salju hijau,” kata Natalya Solovey, warga setempat.

Baca Juga : Slope Point, Tempat Pohon-pohon Tumbuh dengan Miring

Sedihnya, peristiwa ini bukan pertama kalinya. Penduduk lokal mengatakan, mereka melihat salju hijau hampir setiap tahun. Misalnya, pada 2016 ketika pipa yang meluap mengeluarkan air tercemar kromium.

Protes pun sudah disampaikan kepada pemerintah yang dianggap lemah terhadap pengelolaan limbah.

Tidak hanya di Pervouralsk, masalah lingkungan juga terjadi di beberapa wilayah Rusia. Termasuk salju berwarna hitam di Kuzbass dan kabut asap yang menyelimuti Ural selatan.