Lima Makanan Khas Vietnam yang Lezat dan Bisa Ditemui di Indonesia

By Silvita Agmasari, Jumat, 1 Maret 2019 | 09:00 WIB
Pho, salah satu makanan khas Vietnam. (Lisovskaya/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Kuliner Vietnam terbilang menarik untuk ditilik dan dijajal. Sebagai negara bekas koloni Perancis, budaya kuliner Vietnam banyak dipengaruhi Perancis. Namun alih-alih menyerap persis makanan Perancis, warga Vietnam melahirkan makanan baru perpaduan timur dan barat. Selain itu diaspora Vietnam di dunia juga aktif memperkenalkan kekayaan kuliner dengan membuka banyak restoran. Jadi tak heran saat berkunjung ke negara-negara di luar Vietnam, mencari makanan khas negara tersebut sebenarnya sangat mudah.

Seperti di Indonesia, ada banyak restoran Vietnam. Rata-rata menjual sajian terkenal dari Vietnam. Berikut lima sajian yang terdiri dari makanan dan minuman terkenal dari Vietnam:

1. Pho

Pho. (Lisovskaya/Getty Images/iStockphoto)

Pho merupakan salah satu makanan paling terkenal dari Vietnam. Berupa mie dari tepung beras yang kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi bening dan diberi toping irisan daging sapi tipis. Untuk menyeimbangkan rasa kaldu sapi, pho disantap dengan irisan jeruk nipis dan daun ketumbar yang memberi sensasi aromatik.

Baca Juga : Foto-foto Gereja Ayam, Rumah Doa yang Sebenarnya Bernama Bukit Rhema

Pho disebutkan ada jauh sebelum masa penjajahan Perancis di Vietnam. Namun perkembangan pho modern menggunakan daging sapi berkaitan dengan budaya Perancis pada abad ke 20. Kala itu di Vietnam ada banyak sapi lantaran permintaan orang Perancis yang gemar makan sapi.

2. Bun Cha

Bun Cha. (vinhdav/Getty Images/iStockphoto)

Ada pho mie beras kaldu sapi yang disajikan hangat, maka ada bun cha yang disajikan dalam suhu ruang. Bun cha pada dasarnya juga mie tepung beras sama seperti pho. Bedanya jika pho dicelupkan bersama kuah kaldu sapi, bun cha tidak.

Penyajian bun cha biasanya menggunakan keranjang kecil. Disajikan di aneka ragam panggangan, bisa daging sapi, ayam, atau di Vietnam populernya daging babi.

Untuk makan bun cha, disandingkan dengan saus basis kecap ikan Nouc Mam. Cara makannya daging dan mie bisa dicocol ke saus atau dicampur jadi satu, sesuai selera.