Kalahkan Italia dan Jepang, Spanyol Jadi Negara Paling Sehat di Dunia

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 4 Maret 2019 | 10:32 WIB
Barcelona, Spanyol. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Spanyol baru saja dinobatkan menjadi negara paling sehat di dunia. Berada di posisi puncak mengalahkan Italia, Islandia, dan Jepang.

Para peneliti melakukan studi Bloomberg Healthiest Country Index untuk mengetahui data kesehatan dari 169 negara di dunia. Mereka menganalisis data dari WHO, Divisi Populasi PBB, dan Bank Dunia yang meliputi faktor gaya hidup seperti konsumsi tembakau, obesitas, dan faktor lingkungan seperti sanitasi dan akses ke air bersih.

Semua faktor tersebut berperan penting dalam nilai kesehatan secara keseluruhan. 

Baca Juga : Meski Terdengar Aneh, Menertawakan Diri Sendiri Ternyata Bermanfaat

Setelah mempertimbangkan hal di atas, hasil temuan menunjukan bahwa Spanyol merupakan negara tersehat di dunia, dengan nilai kesehatan mencapai 92.75. 

Italia berada di posisi kedua dengan nilai 91.59, diikuti Islandia dengan angka 91.44. Dan meski Jepang menempati peringkat keempat, tapi ia naik tiga tingkat dari tahun sebelumnya. Dengan ini, Jepang menjadi negara paling sehat di wilayah Asia. 

Berikut daftar negara sehat menurut Bloomberg Healthiest Country Index:

  1. Spanyol
  2. Italia
  3. Islandia
  4. Jepang
  5. Swiss
  6. Swedia
  7. Australia
  8. Singapura
  9. Norwegia
  10. Israel
  11. Luksemburg
  12. Prancis
  13. Austria
  14. Finlandia
  15. Belanda
  16. Kanada
  17. Korea Selatan
  18. Selandia
  19. Inggris
  20. Irlandia

Baca Juga : Langkah-langkah Mengurangi Resiko Demensia yang Perlu Anda Ketahui

Menurut studi dari University of Washington's Institute for Health Metrics and Evaluation, Spanyol akan menjadi negara dengan harapan hidup paling tinggi di dunia pada 2040. Umur rata-rata penduduknya diperkirakan mencapai 85,8 tahun.

Sementar itu, Jepang yang memiliki angka harapan hidup tertinggi pada 2016, diduga akan mengalami penurunan. Umur rata-rata warganya kira-kira mencapai 83.7 tahun, berada di posisi kedua di bawah Spanyol.