Umur Lebih Panjang dan Hidup Sehat dengan Menu Makanan Jepang

By Gregorius Bhisma Adinaya, Selasa, 5 Maret 2019 | 11:16 WIB
Makanan Jepang banyak digemari oleh orang Indonesia. Selain lezat, makanan-makanan ini juga membawa dampak baik bagi kesehatan. (Ridofranz/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Hampir di semua mal yang ada, terdapat restoran makanan Jepang. Mengapa demikian? Bila bercermin pada hukum ekonomi, tentu adanya usaha ini karena adanya kebutuhan dari masyarakat.

Apakah Anda salah satunya yang gemar mengonsumsi makanan Jepang? Bila iya, Anda dapat berbahagia membaca artikel ini. Para ahli gizi meyakini bahwa makanan Jepang bisa membuat kita hidup sehat. Tidak hanya itu, mereka juga meyakini bahwa makanan Jepang juga bisa meningkatkan potensi untuk hidup lebih lama. Sushi, miso, dan acar juga diyakini berperan untuk membuat kulit lebih bercahaya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Center for Global Health and Medicine Tokyo  mengungkap bahwa mereka yang terbiasa mempraktekkan pola makan ala Jepang 15 persen lebih rendah terhadap risiko meningkat karena penyakit. Mereka mengalami pengurangan gangguan kardiovaskular dan risiko stroke.

Baca Juga : 9 Ancaman Terbesar yang Dihadapi Laut dan Isinya Akibat Ulah Manusia

“Mengombinasikan karbohidrat dengan lemak adalah upaya sempurna menuju obesitas,” ucap ahli kardiovaskular, James DiNicolantonio dilansir dari Huffington Post. “Sementara itu orang Jepang cenderung mengasup karbo tinggi, tetapi hanya sedikit lemak,” lanjutnya.

Terkait dengan makanan yang biasa dikonsumsi oleh orang Jepang dan berdampak pada kesehatan mereka, berikut ini adalah lima makanan yang diyakini ahli gizi sebagai kunci hal tersebut.

1. Ikan

Ikan sudah dikenal dengan manfaatnya. (Sergey Nazarov/iStockphoto)

Kelebihan ikan sebagai makanan sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebagai sumber asam lemak omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung, mengonsumsi ikan dapat melancarkan sirkulasi darah, bermanfaat untuk otak, mata, dan mengurangi inflamasi.

Tidak hanya itu, ikan juga kaya akan selenium, yang berguna sebagai antioksidan dan membantu menguatkan sistem imun tubuh.

2. Miso dan pasta umami

Miso dan pasta umami. (TatayaKudo/Getty Images/iStockphoto)