Gemar Berkebun? Lima Manfaat Kesehatan Ini Akan Mendatangi Anda

By Gregorius Bhisma Adinaya, Kamis, 7 Maret 2019 | 08:00 WIB
Berkebun dapat membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh. (ipopba/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Bagi Anda yang gemar berkebun, berbahagialah, karena ternyata berkebun membawa beberapa dampak baik bagi kesehatan. Bahkan tidak hanya berdampak baik pada kesehatan fisik, kesehatan mental pun ikut terdampak.

Profesor Paul Dola, seorang ilmuwan asal Inggris pernah mengungkapkan bahwa tukang kebun dan penjaga toko bunga adalah dua pekekerjaan paling bahagia di dunia. Kedua pekerjaan ini bahkan dapat memberikan kebahagiaan yang setara dengan orang berpenghasilan baik atau bekerja di tempat bergengsi.

Lebih lanjut, dalam bukunya yang berjudul Happiness by Design, hampir 9 dari 10 tukang kebun dan tukang bunga menyatakan bahwa mereka memang senang.

Baca Juga : Seekor Paus Ditemukan Membusuk Di Pantai Wisata Pulau Bokori Sulawesi

Nah, kembali pada kegiatan berkebun, berikut ini adalah lima manfaat yang akan Anda dapatkan ketika Anda meluangkan waktu dan pergi berkebun. Manfaatnya bahkan tidak kalah besar dengan dua profesi tadi.

1. Lebih aktif

Berolahraga memang memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatknya suplai oksigen dan nutrisi ke dalam tubuh anda, mengurangi tekanan darah tinggi dan risiko kanker, hingga mempertahankan kepadatan tulang dan kekuatan otot.

Berkebun sama dengan berolahraga. Berkebun menjadi salah satu cara yang baik untuk melakukan olahraga selama akhir pekan. Anda mungkin akan mendapatkan full-body workout, tergantung pada apa yang anda lakukan.

Memotong rumput? Kaki Anda akan mendapatkan manfaat dari posisi jongkok yang Anda lakukan ketika sedang memotong rumput. Membawa pupuk? Lengan Anda akan melakukan kegiatan yang sama dengan kegiatan mengangkat beban.

2. Terjun ke tanah dan kotor

Orang-orang yang gemar berkebun tentu tidak takut mendapati diri mereka kotor. Sebenarnya, di dalam tanah terdapat bakteri-bakteri yang baik untuk tubuh Anda dan dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, suasa hati juga dapat meningkat.

Tubuh kita juga sebenarnya membutuhkan keseimbangan bakteri (yang baik) untuk menjadi sehat.