Lima Cara Mudah Agar Tubuh Lebih Sehat Selain dengan Olahraga

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 8 Maret 2019 | 09:00 WIB
Ilustrasi tubuh sehat. (kieferpix/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Ketika berbicara tentang tubuh sehat, itu tidak harus selalu dicapai dengan berolahraga. Faktanya, ada beberapa praktik dan kebiasaan sehari-hari yang juga bisa membuat tubuh kita sehat. Berikut di antaranya:

Santai saat makan

Di zaman sekarang ini, apa pun yang kita lakukan– termasuk makan–cenderung dalam kecepatan tinggi. Dan itu tidak baik bagi kesehatan.

Para ahli gizi menyarankan untuk melambat sejenak dan mengunyah perlahan makanan kita antara 20 hingga 30 kali. Dengan begitu, tubuh lebih mudah mencerna dan menyerap apa yang kita konsumsi.

Baca Juga : Mudah Merasa Lelah? Mungkin Saja Anda Mengidap Masalah Kesehatan Ini

Kelly Johnston, ahli gizi dari Parsley Health, mengatakan, semakin sering kita memecah makanan di mulut, maka ia lebih mudah diserap di usus. Oleh sebab itu, demi proses pencernaan yang lebih baik, cobalah menyisihkan lebih banyak waktu untuk mengunyah makanan.

“Saya sering mengatakan bahwa baris pertama pencernaan adalah mulut kita. Jadi, mengunyah adalah bagian penting dari itu,” kata Johnston.

“Semakin sedikit pekerjaan yang dilakukan di mulut Anda, maka semakin banyak aktivitas di perut dan usus. Itu bisa menyebabkan kembung dan sembelit,” tambahnya.

Makan dengan perlahan juga membuat kita merasa lebih kenyang sehingga mencegah konsumsi berlebihan.

Cegah distraksi saat makan

Para ahli gizi mengatakan, makan siang di meja sambil mengerjakan tugas kantor, bukanlah pilihan yang baik bagi kesehatan. Tubuh akan kesulitan memprioritaskan proses pencernaan saat berada dalam keadaan stres.

“Meningkatnya hormone stres kortisol dapat membuat nutrisi sulit dicerna. Ini akan mengganggu proses pencernaan,” jelas Tracy Lockwood Beckerman, ahli diet di New York.