Inilah Cara Merayakan Hari Perempuan Internasional di Berbagai Negara

By Nathania Kinanti, Jumat, 8 Maret 2019 | 15:48 WIB
Hari Perempuan Internasional (jacoblund/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret merupakan hari untuk merayakan pencapaian sosial, ekonomi, budaya dan politik  wanita.

Beberapa negara memiliki caranya masing-masing untuk merayakan Hari Perempuan Internasional. Berikut di antaranya:

Berlin

Di kota Berlin, Jerman, Hari Perempuan Internasional resmi menjadi hari libur bersama sejak tahun 2019. Frauentag atau sebutan Hari Perempuan Internasional di Berlin ini resmi menjadi hari libur berkat ajuan oleh parlemen Berlin.

Baca Juga : Mengapa Banyak Anak Muda yang Menjadi Perfeksionis Saat Ini?

Amerika Serikat

Tidak hanya pada Hari Perempuan Internasional, tetapi Amerika Serikat menjadikan bulan Maret sebagai bulan sejarah perempuan. Hal ini berawal ketika Jimmy Carter, presiden Amerika ke-39 mendeklarasikan "Pekan Sejarah National Perempuan" pada 1980.

Sejak saat itu, mulai banyak sekolah-sekolah yang menjadikan satu minggu di awal Maret ini sebagai waktu khusus untuk mencapai kesetaraan di ruang kelas. Dengan dukungan dari gubernur dan dewan kota setempat, pada 1986 perayaan ini berkembang dan 14 wilayah memperpanjang perayaan menjadi berlangsung selama bulan Maret.

Setiap tahunnya, presiden juga akan memberikan pernyataan resmi sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian perempuan di Amerika.

Italia

Kalau di Berlin disebut dengan Frauentag, di Italia, Hari Perempuan Internasional disebut dengan La Festa della Donna. Pada Hari Perempuan Internasional, akan ada banyak penjual karangan bunga mimosa kuning di setiap sudut kota Italia. Pemberian bunga ini merupakan bentuk penghargaan seseorang pada perempuan yang ada dalam kehidupannya. Bunga tersebut dianggap sebagai simbol kekuatan dan kepekaan pada perempuan.

Spanyol