Trashtag Challenge, Tren Viral yang Mengajak Pengguna Media Sosial Bersihkan Sampah di Sekitarnya

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 13 Maret 2019 | 08:15 WIB
Trashtag Challenge mengajak kita untuk membersihkan sampah di lingkungan sekitar. (hedgehog94/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Saat ini, ada tantangan viral yang menyebar di media sosial. Tidak seperti beberapa challenge sebelumnya yang berdampak negatif, tren kali ini cukup baik: berusaha membuat Bumi menjadi lebih bersih.

Trashtag Challenge” telah menginspirasi para pengguna media sosial seperti Twitter, Instagram, dan Reddit untuk berjalan ke luar ruangan kemudian membersihkan sampah apa pun yang mereka temukan.

Untuk berpartisipasi dalam tantangan ini cukup mudah. Anda hanya perlu menemukan area yang dipenuhi sampah, membersihkannya, kemudian membagikan foto kondisi sebelum dan sesudah di media sosial dengan tagar #trashtag.

Baca Juga : Penambangan Batu Permata Ilegal Dukung Kepunahan Lemur Di Madagaskar

Sebenarnya, tagar tersebut sudah ada sejak lama. Pada 2015, UCO, sebuah perusahaan yang membuat peralatan mendaki, kemah, dan aktivitas outdoor lainnya, menggunakan tagar #TrashTag dalam rangka mengajak orang-orang membersihkan 10 ribu sampah di alam liar.

Sempat meredup, Trashtag Challenge kembali menarik perhatian belum lama ini. Unggahan salah satu akun media sosial, @thescientistfacts, membantu menyebarkan tren baik tersebut.

Baca Juga : Buang Sampah ke Sungai Merupakan Warisan Zaman VOC, Benarkah?

Semakin banyak orang yang melakukan Trashtag Challege dan membagikannya di media sosial, maka tren ini pun semakin berkembang. Foto-foto sebelum dan setelahnya sangat menakjubkan: menampilkan wilayah yang tadinya kumuh dengan sampah menjadi lebih bersih.