Empat Barang yang Bisa Digunakan Agar Hemat Plastik Saat Traveling

By Nathania Kinanti, Selasa, 26 Maret 2019 | 08:00 WIB
Botol minum dapat digunakan untuk mengurangi botol plastik. (IPGGutenbergUKLtd/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Ketika melakukan perjalanan, kita kerap menghabiskan banyak plastik–-terutama kantung bawaan dan sedotan plastik.

Untuk mengurangi penggunaan plastik selama traveling, Anda bisa membawa barang-barang berikut ini:

Tumbler

Daripada membeli air minum dengan kemasan plastik, lebih baik jika kita menggunakan tumbler. Penggunaan botol yang dapat dipakai berkali-kali ini, tidak hanya mengurangi plastik, tetapi juga menghemat uang karena tidak perlu beli air kemasan berulang kali.

Selain itu, botol tumbler sangat mudah ditemukan, baik di toko daring atau toko biasa. Bentuk dan warnanya juga beragam sehingga dapat disesuaikan dengan selera Anda. 

Baca Juga : Stigma Janda Muda dalam Tembok Kota Batavia

Sedotan stainless steel

Sedotan plastik termasuk dalam jenis sampah plastik terbanyak. Kini, beberapa restoran mulai tidak menggunakan sedotan plastik untuk mengurangi jumlahnya. Kita pun bisa menyiasatinya dengan menggunakan sedotan stainless steel yang dapat digunakan berkali-kali dan lebih aman.

Penggunaan sedotan stainless steel sendiri makin dikenal di Indonesia. Sudah banyak toko yang menjualnya dengan harga terjangkau, bahkan dengan alat cuci sedotannya.

Tas belanja

Sejumlah daerah seperti Bali sudah mulai menerapkan larangan penggunaan plastik. Larangan untuk penyediaan dan penggunaan kantong plastik ini sudah diterapkan di toko-toko dan bandara. Mereka menyediakan tas kain bagi wisatawan yang datang dengan menggunakan bungkus plastik.

Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 97 tahun 2018 tersebut bertujuan untuk menekan jumlah sampah plastik di Bali hingga 70%.