Bukan Hanya Diabetes, Penyakit Ini Dapat Timbul Akibat Kelebihan Gula

By Nathania Kinanti, Senin, 15 April 2019 | 09:51 WIB
Berbagai macam gula. (SarapulSar38/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Terlalu banyak mengonsumsi gula kerap kali dikaitkan dengan penyakit diabetes. Nyatanya, konsumsi gula berlebih juga dapat menimbulkan penyakit selain diabetes. Berikut di antaranya: 

Penyakit jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of the American Medical Association meyebutkan bahwa orang yang sumber kalorinya sebagian besar berasal dari gula berisiko tinggi meninggal akibat penyakit jantung.

Meskipun efeknya tidak dirasakan secara langsung, tapi terlalu banyak mengonsumsi gula membuat hati bekerja lebih keras. Ini karena proses metabolisme dalam hati mengubah gula dari karbohidrat menjadi lemak. Jika terbiasa mengonsumsi gula, maka lemak akan menumpuk dalam hati dan menyebabkan 'perlemakan hati' yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga : Studi Pada Astronaut Kembar Ini Ungkap Dampak Perjalanan ke Luar Angkasa

Obesitas

Kandungan kalori yang tinggi dalam gula membuatnya menjadi pemicu obesitas. Semakin banyak makanan atau minuman yang mengandung gula, maka semakin banyak pula kalori yang dikonsumsi.

Tidak hanya itu, gula juga dapat mematikan sistem kendali nafsu makan, yang membuat kita tidak bisa berhenti mengonsumsi makanan atau minuman manis. Karena tidak bisa berhenti dan asupan kalori yang tinggi, berat badan akhirnya mengalami kenaikan dan membuat kita obesitas.

Dalam sehari, kadar konsumsi gula yang baik adalah tidak lebih dari 10 persen atau sekitar 70 gram untuk pria dan 50 gram pada wanita. Oleh karena itu, Anda dapat mencegah obesitas dengan mengonsumsi makanan atau minuman rendah gula atau menggunakan pemanis yang rendah kalori.

Hiperglikemia

Hiperglikemia merupakan penyakit yang merupakan hasil komplikasi dari diabetes. Makanan yang tidak dijaga, kurang gerak, atau tidak mengonsumsi obat penurun gula dapat menjadi pemicu penderita diabetes mengalami hiperglikemia. 

Jika tidak segera ditangani, hiperglikemia dapat berakibat fatal karena menyebabkan komplikasi pada mata, ginjal, saraf, dan jantung. Bahkan dapat menyebabkan seseorang mengalami koma.