Sering Dibuang, Bagian Buah dan Sayur Ini Ternyata Banyak Manfaatnya

By Gregorius Bhisma Adinaya, Jumat, 26 April 2019 | 10:46 WIB
Banyak bagian dari buah dan sayuran yang kita lewatkan, padahal bagian tersebut juga mengandung banyak manfaat. (Peangdao/Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Rasanya hampir semua orang tahu bahwa buah dan sayur adalah sumber nutrisi penting bagi tubuh. Dengan pertimbangan manfaat bagi kesehatan tubuh, tidak heran jika kemudian banyak makanan diolah dari buah atau sayur.

Nah, sayangnya kebutuhan akan buah dan sayur ini tidak diimbangi dengan pengetahuan yang cukup. Kenapa? Karena banyak dari kita masih membuang bagian tertentu dari buah dan sayur, yang sebenarnya juga mengandung banyak manfaat.

Kulit, akar, hingga biji adalah bagian-bagian yang juga bermanfaat bagi tubuh. Tidak yakin? Berikut kami rangkumkan beberapa bagian dari buah dan sayur yang seringkali kita buang ketika ingin mengolahnya.

1. Kulit apel

Kulit apel mengandung berbagai kandungan yang baik bagi tubuh. (Freepik)

Ketika kita kecil, orang lain sering kali membuang kulit apel dengan alasan agar  lebih mudah dikunyah dan dicerna. Namun sayangnya, kita justru melewatkan kandungan quercetin di dalamnya.

Quercetin adalah antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan paru-paru dan otak. Tidak hanya itu, bila kita melewatkan kulit apel, artinya kita juga melewatkan kandungan serat dan vitamin di dalamnya.

Baca juga: Yuk, Lihat Manfaat Lain Dari Enam Buah Ini!

Lantas bagaimana bila kita ingin mendapatkan manfaat kulit apel tapi tidak ingin mengunyahnya? Mudah saja, kita dapat mengolahnya menjadi jus. Namun pastikan untuk mencuci apel tersebut terlebih dahulu.

2. Kulit sitrus

Bagian kulit buah-buahan sitrus juga mengandung banyak manfaat. (Freepik)

Keluarga sitrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan beberapa buah lainnya seringkali hanya dimanfaatkan dan dikonsumsi dagingnya. Tidak salah memang, tapi sama seperti apel, kulit keluarga sitrus juga memiliki manfaat tersendiri.