Inilah Posisi Duduk Paling Berbahaya di Dalam Mobil Menurut Peneliti

By Nathania Kinanti, Kamis, 16 Mei 2019 | 10:47 WIB
Para peneliti melakukan sebuah studi terhadap posisi duduk dalam mobil yang dianggap berbahaya. (MilanMarkovic/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Ada beberapa alasan mengapa orang lebih memilih menggunakan mobil ketimbang motor. Selain lebih nyaman dan terhindar dari cuaca panas atau hujan, beberapa orang menganggap bahwa menggunakan mobil akan lebih aman.

Padahal, nyatanya menggunakan mobil memiliki risiko yang hampir sama banyaknya dengan  motor. 

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Kita Harus Mengurangi Penggunaan Botol Plastik

Sebuah studi yang dilakukan oleh Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) berusaha mengetahui lebih lanjut mengenai keamanan penumpang dalam kecelakaan mobil.

Dari 117 kasus kecelakaan mobil, diketahui bahwa penumpang yang duduk di kursi belakang cenderung lebih berisiko terluka atau meninggal dunia. Jenis cedera yang paling umum terjadi adalah cedera pada dada yang juga diikuti oleh cedera kepala.

Baca Juga : Malang, Beruang Kutub Ini Berkeliaran di Desa dalam Kondisi Kelaparan

Berdasarkan penelitian IIHS, hal ini terjadi karena saat ini produsen mobil meningkatkan keselamatan penumpang dan pengemudi di kursi depan dengan teknologi airbag terbaru. Sementara itu, tingkat keselamatan penumpang pada kursi belakang belum mendapatkan perhatian yang sama dengan keamanan pada kursi depan.

Sebagai contoh, sabuk pengaman di kursi belakang diketahui kurang efisien dan belum tentu semuanya memiliki force limiter. Force limiter sendiri berguna saat mengendalikan beban tubuh pengendara atau penumpang agar meminimalisir terjadinya benturan yang fatal pada tubuh manusia.