Sadarkah Kita, Tanaman yang Menjadi Rahasia Awet Muda Samurai Jepang Ini Juga Tumbuh Subur di Trawas

By , Selasa, 21 Mei 2019 | 14:35 WIB
Daun ini dipercaya jadi kunci rahasia awet muda samurai Jepang (Daily Mail)

 

Nationalgeographic.co.id - Sadarkah kita kalau tanaman yang menjadi rahasia awat muda para samurai Jepang itu ternyata juga bisa kita temukan di Indonesia. 

Menurut penelitian, para samurai Jepang awet muda karena memakan daun dari tanaman tradisional ini.

Daun tradisional Jepang yang sering dimakan samurai ini dipercaya menjadi rahasia awet muda mereka, kata para ilmuwan.

Meski berasal dari Jepang tanaman ini rupanya tumbuh subur di Kecamatan Trawas, Mojokerto. Bahkan, tak hanya itu, tamaman ini dibudidayakan secara organik oleh warga setempat.

Nama lengkapnya, angelica keiskei koidzumi atau ashitaba. Tanaman ini telah digunakan untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi, dan dikenal sebagai 'tomorrow leaf' karena tumbuh kembali dengan cepat setelah dipotong.

Saat ini para ilmuwan telah menemukan senyawa alami unik dalam tanaman ashitaba ini, bisa membantu melindungi sel dan menunda penuaan pada berbagai spesies dan sel manusia.

Baca Juga: Tomoe Gozen, Samurai Wanita Terkuat yang Setara dengan 100 Prajurit Bersenjata

Cara kerjanya, dengan mendorong proses 'pembersihan dan daur ulang' dalam sel, menghilangkan sel tidak diinginkan yang dapat menyebabkan penyakit jika dibiarkan menumpuk.

Para peneliti mengatakan itu adalah langkah ke depan untuk mengidentifikasi terapi anti-penuaan yang tidak mengharuskan orang melakukan diet sehat tetapi yang kenyataannya kurang menyenangkan.