Mengapa Jokowi Meminta Perempuan Jenius Asal Surabaya Ini Bekerja di BPPT? Mari Kenali Sosok yang Pilih Keluar dari NASA Ini

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Senin, 8 Juli 2019 | 07:02 WIB
Gadis jenius asal Surabaya, Audrey Yu dikabarkan dapat tawaran spesial dari Jokowi setelah dulu kecerdasannya sempat diacuhkan. (Kolase gambar Instagram/@jokowi dan Twitter@nithasist)

Nationalgeographic.co.id - Indonesia seperti tak habisnya menghasilkan talenta jenius dan berbakat untuk membangun negeri. Sayangnya, perhatian pemerintah yang masih kurang membuat talenta jenius itu pergi keluar negeri.

Perjalanan hidup dari perempuan jenius asal Surabaya memang begitu menarik di simak. Terlebih lagi, dia sedang menjadi perbincangan warganet lantaran dapat tawaran spesial dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Perempuan muda yang sarat prestasi ini bernama Audrey Yu Jia Hui. Kisah hidupnya memang membuat kagum banyak orang.

Baca Juga: Mengenang Sutopo Purwo Nugroho, Pernah Batalkan Syukuran Atas Gelar Profesor Riset Hingga Kecewa Berat Pada Birokrasi Negara

Bagaimana tidak, Audrey Yu Jia Hui yang merupakan gadis super jenius asal Surabaya itu sempat berhadapan dengan dokter jiwa karena kejeniusannya yang bahkan berhasil tamat SMA di usia 13 tahun.

Audrey Yu Jia Hui sendiri lahir dengan nama Maria Audrey Lukito di Surabaya, Indonesia, pada 1 Mei 1988.

Pada tahun 2017 lalu, ia dinobatkan sebagai salah satu dari 71 ikon Prestasi Indonesia.

Meski begitu, Audrey melewati masa kecilnya dengan amat getir.

Audrey Yu Jia Hui, Anak Ajaib yang Dulu Pernah Disia-siakan Indonesia, Kini Mendapat Tawaran Spesial Langsung dari Presiden Jokowi (Kolase: Instagram/jokowi dan Facebook/Rudi Kurniawan)

Alih-alih dibanggakan, orang-orang sekitar perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur, itu justru merasa aneh dengan kecerdasannya.

Pada satu titik, ia bahkan pernah dibawa ke dokter jiwa karena dianggap tidak normal.

Audrey adalah satu dari sekian banyak permata Indonesia yang “disia-siakan” negaranya.

Baca Juga: Ternyata Begini Alasan Sutopo Purwo Nugroho Sarankan Mendiang Ani Yudhoyono Konsumsi Buah Naga Seusai Kemoterapi

Hal ini seperti dikutip dari akun Facebook Rudi Kurniawan menuliskan kisah Audrey dalam unggahan pada hari Jumat (26/1/2018).

Dari cerita yang ditulis Rudi, Audrey benar-benar anak ajaib.

Audrey Yu Jia Hui dikabarkan dapat tawaran istimewa dari Jokowi (Tribunnews)

Ia menyelesaikan sekolah dasarnya hanya 5 tahun, SMP 1 tahun, SMA 11 bulan—persis di usianya yang masih 13 tahun.

Persoalan terjadi ketika ia hendak masuk ke perguruan tinggi.

Baca Juga: Mengonsumsi Antibiotik Dapat Mengubah Flu Menjadi Penyakit Mematikan