Gangguan Kecemasan Juga Memengaruhi Fisik, Berikut Gejalanya

By National Geographic Indonesia, Jumat, 19 Juli 2019 | 10:19 WIB
Ilustrasi kecemasan (Thinkstockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Kecemasan pada dasarnya merupakan masalah pikiran. Namun, itu ternyata juga bisa memengaruhi fisik kita. Berikut lima gejala fisik yang muncul ketika kita mengalami gangguan kecemasan:

1. Ketegangan otot

Salah satu gejala gangguan kecemasan yang dapat dilihat secara fisik adalah munculnya rasa sakit di sekujur tubuh. Sakit yang dirasakan mulai dari migrain hingga nyeri pada persendian. Hal ini akan terlihat jelas saat penderita secara tidak sadar menggertakan atau menekankan rahang, mengepalkan jari, atau menunjukkan posisi tubuh yang buruk.

Berbagai hal ini disinyalir menjadi penyebab ketegangan otot pada penderita gangguan kecemasan.

Baca Juga: Studi: Bermain dengan Anjing dan Kucing Bagus untuk Redakan Stres

2. Muncul jerawat

Salah satu penelitian menyebutkan bahwa orang dewasa dengan masalah jerawat ditemukan mengalami kecemasan yang relatif tinggi. Ini disebabkan karena hormon stres saat dalam kondisi cemas cenderung meningkat sehingga produksi minyak di wajah pun ikut meningkat. Akibatnya, muncul jerawat-jerawat di sekitar wajah.

Dilansir dari Medical Daily, menurut Sandhya Ramrakha dari University of Otago, Selandia Baru, jerawat dan kecemasan adalah dua hal yang berbeda, tetapi memiliki kaitan satu sama lain. Orang yang mengalami gangguan kecemasan memiliki kebiasaan untuk menyentuh wajah dan menyebabkan iritasi. Maka tidak heran bila kemudian jerawat mulai tumbuh subur di wajah.

3. Perilaku kompulsif

Gangguan obsesif kompulsif (OCD) jelas ditandai dengan gejala pikiran dan perilaku kompulsif yang sulit dikendalikan. Perilaku kompulsif ini akan terus dilakukan sampai mereka merasakan sensasi ketenangan tersendiri.

Contohnya adalah mengecek kunci pintu rumah, mematikan kompor atau lampu, mencuci tangan secara berulang-ulang sampai aktivitas harian Anda terhambat dan Anda tidak bisa mengendalikan rasa cemasnya.

4. Sulit tidur