Apa Saja yang Ditinggalkan Manusia Setelah Berhasil Mendarat di Bulan?

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 22 Juli 2019 | 16:32 WIB
Ilustrasi permukaan Bulan. (Vitaly Kusaylo/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Lebih dari 413 pounds: itulah perkiraan berat barang yang ditinggalkan manusia di Bulan sejak pendaratan pertama pada 1969. “Sampah bulan” ini, pernah dijabarkan Arlen Parsa dalam dokumenter pendek yang informasinya didapat dari 22 lembar dokumen NASA.

Berikut barang-barang yang ditinggalkan para astronaut di Bulan dalam lima kali kunjungan:

Enam bendera

Apollo 11, 12, 14, 15, 16, dan 17 merupakan misi berawak yang berhasil mendarat di Bulan antara 1969 hingga 1972. Setiap pendaratan tersebut, para astronaut selalu menancapkan bendera AS di permukaan Bulan.

Foto yang memperlihatkan bendera AS yang ditancapkan Neil Armstrong saat pendaratan di Bulan. (NASA)

Baca Juga: Memproduksi Makanan di Luar Angkasa, NASA Berencana Tanam Cabai

Menurut keterangan Mark Robinson, profesor di Arizona State University sekaligus peneliti utama Lunar Reconnaissance Orbiter yang memantau dan menangkap gambar permukaan Bulan, hanya lima bendera AS yang masih ada di sana. Sementara bendera yang ditancapkan Apollo 11 terjatuh.

Meski kelima bendera masih berdiri tegak, tapi warnanya sudah pasti pudar akibat sinar UV atmosfer.

Disk berisi pesan pemimpin dunia

Apollo 11 membawa disk kecil yang berisi pesan pemimpin dunia dari 73 negara (termasuk Yugoslavia dan Republik Dahomey yang sudah tidak ada saat ini). Teks di dalam disk tersebut telah dipindai dan dikecilkan 200x sehingga hanya dapat dibaca dengan kaca pembesar.

Disk yang berisi pesan dari para pemimpin dunia. (Youtube GeoBeat News)

Disk yang bagian luarnya bertuliskan “From Planet Earth–July 1969” tersebut, masih berada di wilayah Sea of Tranquility, Bulan, setelah dilempar oleh Buzz Aldrin.