Studi Ikonografi Mengungkap Puncak Keindahan Seni Pahat Majapahit

By Mahandis Yoanata Thamrin, Rabu, 31 Juli 2019 | 14:17 WIB
Arca Harihara dari Candi Sumberjati dekat Blitar yang tampaknya merujuk pada Simping, yang merupakan pendarmaan raja pertama Majapahit, Raden Wijaya yang bergelar Kertarajasa Jayawarddhana. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Nationalgeographic.co.id— Sebuah arca berhias pahatan meriah dan mewah sebagai perwujudan Raden Wijaya masih saja memesona para pengunjung Museum Nasional. Sang pendiri Kerajaan Majapahit yang bertakhta pada 1293-1309 itu digambarkan bertangan empat.

Dua tangan muncul dari balik punggung: Tangan kanan menunjuk sebuah keong, sedangkan tangan kiri menunjuk cakra. Dua tangan lainnya: Tangan kanan memegang tasbih di bagian dada dan telapak tangan kiri menyentuh pegangan sebuah gada. Inilah arca yang menampilkan sosok dua dewa, Wisnu dan Siwa, atau Harihara.

Arca tersebut berasal dari Candi Sumberjati dekat Blitar yang diperkirakan identik dengan candi Simping yang disebutkan dalam Nagarakertagama. Simping merupakan pendarmaan raja pertama Majapahit, Raden Wijaya yang bergelar Kertarajasa Jayawarddhana.

Menurut Endang Sri Hardiati, ahli ikonografi , gaya pahat Jawa Timur ini terbagi menjadi gaya Kadiri yang berkembang pada abad ke-11 dan 12, kemudian gaya Singhasari-Majapahit dari abad ke-12 hingga awal abad ke-15. 

Baca juga: Pesan Teladan Kemajemukan Budaya dari Metropolitan Majapahit

Candi Brahu merupakan tinggalan Buddha dari zaman Majapahit. Bangunan batu bata merah ini berada di Trowulan, Mojokerto. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Pada masa Singhasari-Majapahit telah muncul gaya seni yang sangat raya dan sangat ramai dibanding masa sebelumnya pada zaman Kadiri atau Mataram Kuno. “Keindahannya itu sampai bertumpuk-tumpuk, reliefnya ramai sekali,” ungkap Hardiati.

Berdasar kajian identifikasi, deskripsi, dan penafsiran makna pahatan, dia memaparkan perbedaan gaya seni pahat antara masa Singhasari-Majapahit dan masa sebelumnya. Sosok tokoh yang diarcakan pada masa Singhasari-Majapahit mengenakan busana dan perhiasan yang ramai mulai dari mahkota, kalung, hiasan telinga, ikat dada, ikat pinggang, ikat perut, dan uncal— hiasan yang dipasang dari pinggang menjulur ke bawah.

Pada masa Singhasari-Majapahit, uncalnya sangat panjang sampai hampir menyentuh mata kaki, sedangkan masa sebelumnya hanya sampai lutut. “Satu ciri khas dari Singhasari-Majapahit.”

Lalu apa yang membedakan gaya pahatan antara masa Singhasari dan Majapahit itu sendiri? “Teratai atau padma yang ada di kanan dan kiri arca,” imbuhnya. Kalau dari masa Singhasari itu teratai keluar dari bonggolnya, sedangkan teratai pada masa Majapait keluar dari vas atau guci keramik.

Baca juga: Menyusuri Majapahit dengan Panduan Peta National Geographic Indonesia

Hiasan emas dari masa Majapahit yang menggambarkan Sutasoma digendong Raja Kalmasapada, sang pemakan manusia. (Tropenmuseum/Wikimedia Commons)