Hari Raya Kurban, Kenali 4 Efek Ini Bila Terlalu Banyak Makan Daging

By Mahmud Zulfikar, Minggu, 11 Agustus 2019 | 07:05 WIB
ilustrasi pembagian daging kurban (Tribun Palembang)

Nationalgeographic.co.id - Hari Raya Idul Adha tinggal beberapa hari lagi. Penjual hewan-hewan kurban musiman semakin banyak ditemukan di berbagai titik.

Berbagai tempat disulap jadi tempat parkir hewan-hewan kurban. Di Kota besar seperti Jakarta dan Depok, hewan kurban di jual di trotoar hingga mall hewan kurban.

Sejumlah masjid-masjid biasanya mengadakan pembagian daging kurban gratis untuk para warganya. Pesta daging kurban pun dimulai. Sanak saudara dan kerabat dikumpulkan. Berbagai resep masakan daging pun mulai buat.

Tapi, perlu diingat makan daging terlalu banyak mengandung beberapa efek kesehatan yang tidak baik.

Baca Juga: Apa Perbedaan Kopitiam dan Kedai Kopi Kekinian?

Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah menyatakan bahwa orang yang kebanyakan makan daging (daging sapi, ayam, unggas, ikan), setidaknya 30% mudah berisiko terkena kanker.

Kandungan lemak yang terdapat dalam daging bisa menyebabkan produksi hormon kita meningkat. Hal ini bisa menyebabkan kanker prostat dan kanker payudara.

Berikut beberapa efek kesehatan bila terlalu banyak makan daging:

1. Pencernaan Tidak Sehat

Kandungan protein dalam daging memang sangat bagus untuk perkembangan massa otot. Tapi dalam daging tidak memiliki kandungan serat untuk kebutuhan tubuh sehari-hari.

Artinya, bila anda memakan daging tanpa diselingi dengan makanan sayuran berserat tinggi, pencernaan kita akan terganggu.

Baca Juga: Benarkah Pohon Sengon Biang Kerok Padamnya Listrik Massal? Begini Jawaban Para Ahli