Tidak Seperti Biasanya, Warga ini Kumandangkan Takbiran Keliling Laut!

By Mahmud Zulfikar, Rabu, 14 Agustus 2019 | 06:29 WIB
Warga Majene Sulawesi Barat adakan takbiran keliling laut untuk sambut Idul Adha 1440 Hijriah / 2019 Masehi ((Twitter/@Daeng_Info))

Nationalgeographic.co.id - Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha lazimnya umat muslim melakukan berbagai persiapan dan kebiasaan yang dilakukan rutin dari tahun ke tahun.

Pada perayaan hari raya, sudah biasa jika kita mendengar lantunan takbir keliling yang di arak ke jalan-jalan menggunakan berbagai kendaraan disertai berbagai atribut lainya.

Kemudian takbir keliling itu diiringi dengan kembang api dan pawai obor.

Pada kesempatan Hari Raya Idul Adha tahun ini, meskipun tidak sesemarak takbiran Hari Raya Idul Fitri, ada hal sangat unik yang dilakukan Warga Batutaku, Tammero'do Sendana, Majene, Sulawesi Barat.

Jika di kota atau di daerah pada umumnya takbiran dilakukan keliling kota/kampung dengan diiringi berbagai musik perkusi.

Baca Juga: Hari Raya Kurban, Kenali 4 Efek Ini Bila Terlalu Banyak Makan Daging

Warga di perairan Batutaku Sulawesi Barat ini melakukan takbir keliling laut mengenakan perahu katinting.

Kegiatan takbir keliling laut ini terekam dalam video yang di unggah akun twitter @Daeng_Info dan viral ditonton puluhan ribu warganet.

Acara takbiran keliling laut sepanjang pantai ini dilakukan secara turun temurun dalam memeriahkan dan menyambut Hari Raya Idul Adha sekaligus mempererat tali silaturahmi antar sesama warga nelayan.

Terlihat kompak dan seru. Terdapat perahu dengan pengeras suara melantunkan puji-pujian kepada Sang Maha Kuasa, kemudian perahu lainya mengiringi.