Selain Megathrust, Ada 295 Sesar Aktif yang Perlu Diwaspadai Warga Indonesia

By National Geographic Indonesia, Senin, 19 Agustus 2019 | 14:45 WIB
Ilustrasi gempa. (Petrovich9/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Wilayah Indonesia yang terletak di antara Ring of Fire membuatnya rentan terhadap bencana terutama gempa bumi. Selain ancaman gempa besar yang diakibatkan oleh lempeng Megathrust, masyarakat juga perlu mewaspadai sumber gempa sesar aktif. Pasalnya sesar aktif bersumber di daratan dan berdekatan dengan kawasan tempat tinggal masyarakat.

"Ditinjau dari frekuensi kejadian gempa merusak, maka sesar aktif lebih sering terjadi dan menimbulkan kerusakan serta korban jiwa dibandingkan megathrust yang sebenarnya lebih jarang terjadi," ucap Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono kepada Kompas.com, Jumat (16/8/2019).

Menurut Daryono, dalam buku Pusat Studi Gempa Nasional (PuSGeN) 2017, disebutkan bahwa sumber gempa dari segmen megathrust hanya berjumlah 16 segmen. Sementara jumlah segmen sesar aktif yang dimiliki Indonesia lebih dari 295 sesar aktif.

Baca Juga: Lima Cara yang Bisa Kita Lakukan untuk Mencegah Pemanasan Global

Gempa Besar

Sebagai contoh, gempa dahsyat yang berpusat di darat seperti gempa Yogyakarta 2006, gempa Pidie Jaya 2016, gempa Lombok dan Palu 2018 terbukti telah menimbulkan kerusakan yang hebat.

"Gempa tersebut menelan banyak korban jiwa dan menimbulkan kerugian sangat besar. Karena pusatnya berada di daratan dekat pemukiman masyarakat," kata dia.

"Gempa tersebut dipicu oleh sumber gempa sesar aktif, dan bukan dari sumber gempa megathrust," imbuhnya.

Oleh karena itu, Daryono mengimbau kepada masyarakat agar lebih aware terhadap lingkungan sekitar, dan jangan menjadikan sesar aktif sebagai sumber gempa yang terlupakan dan terabaikan.

"Ancaman sumber gempa sesar aktif ternyata tidak kalah membahayakan jika dibandingkan dengan gempa megathrust," katanya lagi.

Saat disinggung terkait perbedaan sumber gempa megathrust dan sesar aktif, imbuh dia, keduanya sama-sama memicu terjadinya gempa kuat. Hanya saja, ada sedikit perbedaan dimana sumber gempa Megathrust bisa memicu terjadinya gempa hingga mencapai magnitudo 8-9.

Kerusakan Akibat Gempa