Sering Duduk Seharian di Kantor? Selingi Kebiasaan Ini Agar Tetap Sehat

By National Geographic Indonesia, Senin, 19 Agustus 2019 | 15:59 WIB
Ilustrasi bekerja di kantor. (Jacob Lund/Shutterstock)

Nationalgeographic.co.id - Aktif bergerak merupakan bagian gaya hidup sehat. Sayangnya, sebagian besar pekerja kantor menghabiskan waktunya dengan duduk diam di balik meja kantor.

Padahal, duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, mulai dari ambeien, nyeri otot leher, nyeri punggung dan pinggang, dan obesitas (kegemukan).

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan para pekerja kantoran supaya terhindar dari masalah kesehatan tersebut? Tentu saja dengan mengakali tubuh agar tetap bergerak aktif.

Baca Juga: Ilmuwan: Pengobatan Kanker Semakin Tepat Sasaran

1. Lakukan peregangan sederhana

Sempatkan diri untuk melakukan peregangan di kantor. (kintec.net)

Duduk seharian bukan berarti Anda tidak bisa bergerak aktif. Sebenarnya, Anda bisa menyempatkan diri untuk melakukan peregangan sederhana bahkan sambil duduk.

Gerakan peregangan bisa membantu mengurangi tekanan, stres, sekaligus ketegangan pada otot tubuh, sehingga Anda terhindar dari nyeri otot.

Berikut ini beberapa rekomendasi gerakan peregangan yang bisa Anda lakukan di kantor agar tetap sehat.

Duduklah tegak di kursi Anda. Kemudian angkat satu kaki lurus ke depan. Tahan dalam tiga hitungan dan ulangi untuk kaki yang satunya. Lakukan sebanyak 3 set dengan 10 kali pengulangan di setiap kaki.

Tetaplah duduk dalam posisi tegak. Rentangkan tangan ke samping, membentuk huruf T. Putar pundak Anda ke depan sebanyak 20 kali putaran dan ke belakang dengan jumlah yang sama. Ulangi gerakan sebanyak 2 hingga 3 kali untuk mencegah sakit leher. Dengan begitu Anda akan tetap fit dan sehat selama di kantor.

Lakukan peregangan ini di kursi yang tidak beroda agar lebih aman. Duduk tegak dengan telapak kaki menempel di lantai. Letakkan tangan di samping tubuh menyentuh pegangan.

Dengan menumpu pada tangan dan kaki, angkatlah tubuh Anda sehingga bokong Anda sedikit melayang di atas bangku. Tahan tubuh Anda di atas sebanyak 3 hitungan, lalu kembali letakkan bokong Anda ke kursi. Lakukan sebanyak 10 kali pengulangan.