Pulau Togean, Menyusuri Beragam Keindahan Karang di Perairan Wallacea

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Selasa, 1 Oktober 2019 | 18:07 WIB
Teluk Tomini dipandang perairan paling tenang di dunia, terkepung nyaris sempurna terlindungi ‘lengan’ Utara dan Tengah Pulau Sulawesi. (Josua Marunduh)

Nationalgeographic.co.id - Keragaman terumbu karang yang besar membuat penyelaman di kepulauan ini bermutu tinggi.

Inilah satu-satunya lokasi penyelaman di Indonesia—dan hanya sedikit di dunia—yang bisa menyombongkan diri atas kekayaan karang atol, karang tepi, karang penghalang serta reruntuhan kapal.

Togean bergelimang kekayaan laut yang membuat destinasi penyelaman lain iri hati. Tak kurang ada 30 lebih kebun terumbu, lereng terumbu, dinding laut dalam, lereng berpasir serta beragam makhluk di perairannya.

Belum lagi, hamparan hutan bakau, rumput laut dan penyelaman berlumpur dan rumah karang yang sangat mudah dicapai dari penginapan.

Baca Juga: Saatnya Kembali ke Sumba, Festival Kuda Sandalwood Telah Siap Sambut WIsatawan

Nudibranch yang dapat kita jumpai saat menyelami perairan dangkal Nusantara. (Bayu Dwi Mardana)

Deretan terumbu karangnya memiliki keragaman yang bagus, lantaran kawasan ini amat terpencil, sedikit pengunjung, dan berpenduduk jarang.

Teluk Tomini dipandang perairan paling tenang di dunia, terkepung nyaris sempurna terlindungi ‘lengan’ Utara dan Tengah Pulau Sulawesi. Perairan teluk ini sangat terpencil belum banyak berkembang  di Pulau Togean.

Pulau Togean begitu hebat serta inferior, yang bisa menjadi alternatif lain bagi destinasi selam yang telah populer, apapun kesukaan Anda dalam penyelaman.

Baca Juga: Jalur Pendakian Rinjani Batal Dipisah, Wisata Halal Masih Terus Mencari Bentuknya

Teluk Tomini dipandang perairan paling tenang di dunia dengan panorama matahari tenggelam nan indah. (Josua Marunduh)