Langkah Kecil Menuju Gaya Hidup Berkelanjutan, Relawan Tunjukkan Kepedulian Lingkungan Kepada Warga Ibu Kota

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Jumat, 11 Oktober 2019 | 15:05 WIB
Danone-AQUA berkolaborasi dengan National Geographic Indonesia dan #SayaPilihBumi dalam rangkaian acara Langkah #BijakBerplastik. (Dok. Danone-AQUA)

Nationalgeographic.co.id - Berbekal sarung tangan dan karung kosong, anak-anak muda itu menyisir keramaian di ruas jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Seperti biasanya, Minggu (22/9/2019), warga Ibu Kota memadati ruas jalan utama itu untuk menikmati saat santai di area Car Free Day (CFD) Jakarta.

Anak-anak muda itu memunguti sampah yang tercecer di area CFD. Mereka melakukannya dengan gembira sembari menyelinap di antara kepadatan warga yang berjalan kaki dan menaiki sepeda.

“Saya ingin bantu bersihkan lingkungan dan belajar pilah sampah plastik. Jadi, saya datang bersama teman-teman ke acara ini,” kata Qabilie, salah seorang relawan yang tergabung dalam Green Community Universitas Gunadharma. Katanya, ia datang bersama 10 orang teman kelompoknya yang rutin mengadakan diskusi lingkungan di kampus.

Anak-anak muda itu tengah mengikuti kegiatan Langkah #BijakBerplastik yang  digelar pada Minggu  (22/9/2019) di sela CFD Jakarta. Aksi pungut sampah plastik itu menjadi salah satu acara dalam kegiatan Langkah #BijakBerplastik. Peserta acara juga mengikuti workshop bersama komunitas Kertabumi, booth activity serta peluncuran truk #BijakBerplastik.

Baca Juga: Berbagi Gembira dengan Warga Jakarta, Truk #BijakBerplastik Tunjukkan Siklus Daur Ulang Botol Plastik Bekas

Setelah melakukan aksi clean up selama kurang lebih selama satu jam, para relawan berhasil mengumpulkan sampah sekitar 160 kilogram. (Bayu Kusuma/National Geographic Indonesia)