Tanpa Disadari, Ketujuh Hal Berikut Dapat Menyebabkan Migrain

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 28 Oktober 2019 | 13:55 WIB
Ilustrasi migrain. (Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Tidak ada orang yang ingin terkena migrain. Rasa sakitnya bisa ‘melumpuhkan’ aktivitas Anda.

Beberapa penyebab migrain seperti stres dan alkohol mungkin pernah Anda dengar sebelumnya. Namun, selain itu, ada pemicu lain yang jarang diketahui banyak orang. Berikut di antaranya:

Pil kontrasepsi

Wanita cenderung menderita migrain ketika menstruasi. Bahkan, mereka yang sering migrain, mulai mengalaminya beberapa hari sebelum datang bulan.

Baca Juga: Ingin Mengurangi Polusi Udara di dalam Rumah? Lakukan Hal Berikut

Menurut dr. Brinder Vij, direktur asosiasi University of Cincinnati’s Health Headache & Facial Pain Center, perubahan estrogen memang akan memicu migrain pada wanita. Dan untuk beberapa alasan, pil kontrasepsi hormonal membuat gejalanya lebih buruk bagi sebagian orang.

Makanan asin

Dr. Ilan Danan, ahli saraf di Center for Sports Neurology and Pain Medicine di Cedars-Sinai Kerlan-Jobe Institue, makanan asin dapat memengaruhi tekanan darah Anda. Lebih spesifiknya, makanan asin meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah dan mengacaukan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan air. Tubuh Anda meresponsnya dengan tekanan darah tinggi dan itu bisa menyebabkan migrain.

Keju

Masih belum jelas mengapa keju dapat menyebabkan migrain, namun zat tiramin yang terkandung di dalamnya, diduga  berkaitan dengan penyakit tersebut.

Meskipun begitu, menurut Vij, hasilnya bisa berbeda-beda pada setiap orang. “Beberapa pasien bisa langsung migraine setelah makan keju, sementara yang lainnya tidak,” katanya.

Pemanis buatan