Setengah Wanita Yang Terkena Kanker Payudara Memiliki Masalah Seksual

By Celine Veronica, Selasa, 29 Oktober 2019 | 17:55 WIB
Pemeriksaan dini kanker payudara. (Editor)

Nationalgeographic.co.id – Survei baru menunjukan, bahwa hampir setengah dari wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara telah mengalami kesulitan seksual sebagai akibat dari penyembuhan.

Penelitian yang dilakukan oleh Breast Cancer Now dan YouGov, mewawancarai lebih dari 1.000 wanita yang telah didiagnosis dengan kanker payudara dalam 10 tahun terakhir.

Hasilnya menunjukkan bahwa hampir setengah (46 persen) wanita yang disurvei mengatakan bahwa mereka telah mengalami kesulitan seksual, termasuk kekeringan pada vagina, rasa sakit dan hilangnya libido. Namun, sejumlah besar wanita ini (34 persen) mengakui bahwa mereka tidak meminta dukungan tim medis atau dokter rumah sakit mereka, meskipun membutuhkan bantuan.

Lebih dari setengah (54 persen) mengatakan alasan mereka tidak mengunjungi dokter adalah karena mereka terlalu malu, sementara yang lain mengatakan mereka khawatir akan membuang-buang waktu dokter (45 persen), merasa masalahnya terlalu sepele untuk dinaikkan ( 48 persen), tidak tahu harus berpaling ke siapa (40 persen), atau khawatir kekhawatiran mereka akan diberhentikan (29 persen).

Baca juga: Ilmuwan Ciptakan Laser yang Bisa Mendeteksi dan Menghancurkan Sel Kanker

“Perawatan kanker payudara seperti kemoterapi dan perawatan hormon dapat datang dengan berbagai efek samping yang dapat memengaruhi kehidupan seks Anda dan kemampuan untuk menjadi intim,” ujar Rachel Rawson, spesialis perawat klinis di Breast Cancer Now.

"Ini dapat mencakup perubahan pada bagaimana Anda mengalami gairah dan orgasme, serta kekeringan pada vagina, iritasi dan rasa sakit,” pungkasnya.

Rawson menambahkan bahwa kanker payudara memengaruhi setiap orang secara berbeda dan penting bagi setiap wanita untuk melakukan apa pun yang terasa tepat bagi mereka.

"Mungkin perlu waktu bagi Anda untuk merasa cukup sehat secara fisik atau mampu mengatasi secara emosional dengan segala bentuk aktivitas seksual," kata Rawson. "Namun, beberapa orang mungkin ingin kembali ke hubungan intim dan seks sesegera mungkin."

Kanker payudara tetap menjadi kanker paling umum di Inggris dengan sekitar 55.000 wanita dan 370 pria didiagnosis setiap tahun.

Baca juga: Hati-hati, Paparan Cahaya di Malam Hari Picu Obesitas dan Kanker

Temuan ini muncul ketika Breast Cancer Now bergabung dengan Ann Summers untuk kemitraan baru yang dirancang untuk membantu memulai percakapan tentang masalah yang berhubungan dengan seks dan keintiman setelah diagnosis kanker payudara.