Ada Sel-sel Neuron Bekerja Membuat Otak Kita Lupa. Apa Manfaat Lupa?

By Celine Veronica, Kamis, 8 April 2021 | 20:30 WIB
Beberapa hal terjadi pada tubuh kita saat tidur. (Vera_Petrunina/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Ketika kita sering mengalami lupa, mungkin akan terasa seperti cacat pikiran yang menjengkelkan. Akan tetapi, kehilangan ingatan merupakan bagian penting dari otak yang berfungsi dengan baik. Seperti yang ditunjukkan oleh sebuah penelitian baru, otak memiliki satu set neuron khusus yang berfungsi untuk membuat kita lupa secara aktif, kesempatan untuk membuang informasi yang tidak perlu yang kita kumpulkan sepanjang hari kita.

Laporan dalam jurnal Science, para peneliti menemukan bahwa orang lupa selama fase tidur tertentu yang disebut gerakan mata cepat atau REM (Rapid Eye Movement) melalui serangkaian neuron tertentu yang ditemukan jauh di dalam otak.

Sel-sel ini dikenal sebagai neuron melanin-concentrating hormone (MCH). Sel-sel otak ini sebelumnya dikenal untuk membuat hormon yang merangsang nafsu makan, tetapi mereka sekarang diyakini juga mengontrol penghancuran aktif ingatan selama tidur REM, fase unik tidur pada mamalia dan burung yang terkait dengan mimpi yang hidup.

Dengan melihat otak tikus, tim menemukan bahwa mayoritas sel MCH menghilang ketika tikus menjalani tidur REM. Sementara hanya 35 persen sel MCH yang hilang ketika tikus terjaga. Mereka menunjukkan bahwa sel-sel MCH mengirim pesan penghambatan ke hippocampus, markas memori otak.

Baca juga: Penliti: Bayar Hutang Tidur di Akhir Pekan Kurangi Risiko Kematian