Jaga Pelestarian Laut Taka Bonerate, Pengelola Kawasan Lindung Ini Bergandeng Tangan dengan Nelayan

By Bayu Dwi Mardana Kusuma, Kamis, 24 Oktober 2019 | 20:25 WIB
Keindahan salah satu pulau di wilayah Taman Nasional Taka Bonerate (Asri/Taman Nasional Taka Bonerate)

Nationalgeographic.co.id - Pada September 2019 lalu, Balai TN Taka Bonerate telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Kemitraan Konservasi dengan  7 (tujuh) kelompok nelayan lokal yang berada dalam Taman Nasional Taka Bonerate.

Tujuh kelompok tersebut adalah Kelompok Nelayan Pulau Mas Jinato, Kelompok Nelayan Pulau Mas Tarupa, Kelompok Nelayan Pulau Mas Tambuna, Kelompok Sumber Rezeki, Kelompok Hinpas Tambuna, Kelompok Dolphin Sejahtera, dan Kelompok Assedingge.

Bertempat di Desa Jinato dilaksanakan kegiatan pendampingan dan fasilitas penyusunan Rencana Pelaksanaan Program (RPP) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Kelompok Nelayan Mitra Balai TN Taka Bonerate pada tanggal 18 sd. 22 November 2019. Karena salah satu kewajiban kelompok mitra adalah menyusun dokumen tersebut.

Baca Juga: Kerap Jelajahi Lautan Tanpa Batas, Jejak Satwa Purba Itu Ditemukan di Sudut Taka Bonerate

Fasilitasi dipandu oleh koordinator penyuluh Asep Pranajaya dengan dibantu tim dari pejabat fungsional TNTBR lainnya. Di awal kegiatan, Raduan selaku kepala SPTN Wil. I Tarupa memberikan arahan serta menyampaikan maksud dan tujuan dari penyusunan RPP/RKT kelompok.

Keindahan salah satu gosong di wilayah Taman Nasional Taka Bonerate (Asri/Taman Nasional Taka Bonerate)