Foto-foto Ini Ungkap Kehidupan Hikikomori yang Terisolasi di Jepang

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 27 November 2019 | 14:49 WIB
Chujo, 24 tahun, telah menjadi hikikomori selama dua tahun. Ia memiliki impian menjadi penyanyi, tapi sebagai anak laki-laki tertua, keluarganya meminta Chujo untuk meneruskan bisnis. Karena kesal, ia menarik diri dari keluarganya dan akhirnya perasaan rendah diri meningkat. Chujo mengunci diri di kamar selama setahun sebelum orangtuanya memaksanya mengikuti program pemulihan. (Maika Elan)

Nationalgeographic.co.id - Di Jepang, fotografer Maika Elan mengamati kehidupan di sana. Ia mengatakan: "Selalu ada dua sisi yang saling bertentangan. Modern dan tradisional, padat tapi juga kesepian. Restoran dan bar selalu penuh, tapi jika Anda mengamati lebih dekat, kebanyakan orang makan sendiri-sendiri. Dan di jalanan, tidak peduli jam berapa, Anda selalu menemukan karyawan yang kelelahan."

Di Jepang, ada sekelompok orang yang memilih menutup diri dari dunia luar. Dikenal dengan sebutan hikikomori, orang-orang ini tidak terlibat sama sekali dalam kehidupan bermasyarakat, setidaknya selama setahun. Mereka hanya diam di rumah dan bergantung kepada orangtua.

Baca Juga: Ada Berapa Banyak Orang yang Diperbudak di Dunia Ini?

Fuminori Akoa, 29, hanya tinggal di kamarnya selama setahun. "Akoa mengatakan, ia merupakan pria baik yang bisa melakukan banyak hal, tapi tidak berusaha untuk melakukan yang terbaik," ungkap fotografer Maika Elan yang mengunjunginya bersama pekerja sosial. "Akoa sering mengubah hobi dan tujuannya s (Maika Elan)

Pada 2016, pemerintah Jepang menyatakan ada 540 ribu hikikomori berusia 15-39 tahun di sana. Namun, jumlah nyatanya mungkin bisa dua kali lipat. Karena banyak yang memilih untuk tetap bersembunyi, banyak dari mereka yang tidak terhitung. 

Elan, yang berasal dari Vietnam, pertama kali mendengar tentang hikikomori ketika dia tinggal di Jepang selama enam bulan. Ia kemudian bertemu dengan perempuan Jepang bernama Oguri Ayako yang bekerja sama dengan New Start, sebuah organisasi nonprofit yang berfokus pada hikikomori dan kehidupan terisolasi mereka. 

Kamar milik Shoku Uibori, 43, yang telah hikikomori selama tujuh tahun. "Uibori merupakan seorang pengusaha, tapi kemudian bangkrut. Ia mengunci dirinya di dalam kamar kemudian menghabiskan hari dengan membaca. Uibori hanya keluar rumah di malam hari untuk membeli makanan dan keperluan sehari-hari. (Maika Elan)

Atas permintaan orangtua--dan dengan biaya sekitar 8.000 USD per tahun--perempuan seperti Ayako secara rutin menghubungi para hikikomori, dimulai dari surat. Prosesnya membutuhkan waktu selama berbulan-bulan sampai akhirnya mereka mau membuka diri, membalas surat, berbicara lewat telepon sampai akhirnya membiarkan Ayako masuk ke rumahnya. 

Tujuan akhirnya adalah mengajak mereka tinggal di asrama New Start dan bergabung dalam program pelatihan kerja. 

Ayako yang berperan sebagai 'kakak' dan pekerja sosial, mengaku telah membantu 40-50 hikikomori untuk keluar dari kehidupan isolasi mereka. 

Pekerja sosial, Oguri Ayako, menulis surat kepada Kobayashi Haruto yang telah menfunci diri di kamarnya selama 10 tahun. Ini merupakan kunjungan Ayako yang ketiga. Karena Hrauto menolah berbicara, Ayako menulis surat kemudian meninggalkannya di depan kamarnya. (Maika Elan)

Elan kemudian mengikuti Ayako dalam sesi kunjungannya ke delapan hikikomori berbeda. Setelah lima atau enam pertemuan, ia pun diperbolehkan mengambil foto.