Tujuh Cara Mudah Menjalani Hidup Agar Tidak Sering Alami Stres

By Gita Laras Widyaningrum, Senin, 2 Desember 2019 | 14:41 WIB
Ilustrasi bahagia. (Deagreez/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Kita semua pasti sering mengalami stres. Namun, bayangkan apabila kita bisa mengurangi kadar stres dengan tindakan kecil nan simpel? Tujuh teknik di bawah ini bisa membantu Anda mengurangi stres dalam hidup. Bahkan, bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidur dan bangun lebih cepat

Tidur sangat penting untuk kesehatan. Tidur dan bangun lebih cepat membuat Anda lebih siap menyambut hari. Jika pagi Anda sudah semrawut, ada kemungkinan sepanjang hari akan berjalan sama seperti itu. Untuk mencegahnya, sediakan sedikit waktu di pagi hari untuk rileks.

Anda bisa menyiapkan kebutuhan esok di malam harinya. Dengan begitu, waktu di pagi hari bisa digunakan untuk melakukan sesuatu yang disuka. Misalnya, membaca, menulis, meditasi, dan sebagainya.

Baca Juga: Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Mengalami Patah Hati

Membuat daftar kegiatan

Mulai hari dengan membuat daftar kegiatan yang harus dilakukan. Ini membantu Anda tetap terorganisir. Anda tahu apa saja yang harus segera dilakukan tanpa mesti menunggu esok hari. Juga memberikan kepuasan tersendiri apabila berhasil menyelesaikannya.

Jangan khawatir terhadap apa yang tidak bisa dikontrol

Rasa cemas menyedot banyak energi dan waktu. Jangan sia-siakan waktu untuk mengkhawatirkan hal yang tidak bisa Anda kontrol. Seberapa pun kita sering cemas, tidak akan mengubah situasinya.

Namun, jika memang keadaannya masih bisa Anda kontrol, sebaiknya fokuskan pikiran kepada solusi dibanding masalahnya.

Saat Anda memfokuskan energi kepada masalah, yang terjadi justru semakin rumit dan sulit diselesaikan, Berbeda ketika Anda mengalihkan pikiran ke solusi, masalah jadi terasa lebih mudah untuk diatasi.

Belajar mengatakan ‘tidak’