Sambut Tahun Baru, Ini Saran Resolusi Kesehatan dari Para Dokter

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 3 Januari 2020 | 14:42 WIB
Ilustrasi tubuh sehat. (kieferpix/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Para dokter dari American Medical Association (AMA) merilis sepuluh resolusi yang berkaitan dengan kesehatan untuk diterapkan di tahun yang baru ini. Menurut mereka, resolusi ini dapat membuat kita lebih sehat.

Berikut daftarnya:

Sadari risiko diabetes tipe 2

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Namun, menurut data Centers for Disease Control and Prevention (CDC), hanya seperempat warga Amerika yang mengetahui bahwa dirinya mengidap diabetes. Sisanya, tidak terdiangnosis hingga kondisinya semakin parah.

Oleh sebab itu, AMA menyarankan agar kita mengecek diabetes kita sebelum terlambat. Di tahap awal, kita bisa mencoba mengisi kuesioner di DoIHavePrediabetes.org untuk mengetahui risikonya.

Baca Juga: Musim Hujan, Konsumsi Makanan Berikut untuk Menangkal Penyakit

Fisik lebih aktif

Olahraga selama 15 menit dapat mencegah depresi. (nd3000/Getty Images/iStockphoto)

Orang dewasa disarankan untuk melakukan aktivitas fisik sedang selama 150 menit/minggu, dan latihan fisik berat sebanyak 75 menit/minggu. Jangan khawatir, ini tidak sulit untuk dilakukan.

Kegiatan sehari-hari seperti berjalan kaki, membersihkan rumah, menari, dan naik tangga bisa dikategorikan sebagai aktivitas fisik. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk pergi ke gym, maka Anda bisa melakukan kegiatan tadi di rumah.

Ketahui tekanan darah

Tekanan darah tinggi berkaitan dengan risiko stroke dan penyakit jantung. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui tekanan darah Anda. AMA menyarankan kita mengonsumsi makanan bergizi, olahraga, dan mengatur stres, untuk menjaga tekanan darah agar tetap stabil.