Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 10 Januari 2020 | 11:32 WIB
Yoga. (Thinkstock)

Kisah ini merupakan bagian dari majalah National Geographic Indonesia Januari 2020: Edisi Khusus Sehat Sentosa. 

Nationalgeographic.co.id – Yoga kini cukup populer di kalangan masyarakat. Bagi banyak orang, yoga menjadi penawar dari kehidupan sehari-hari yang sibuk dan kacau. Ini benar, karena berbagai penelitian mengungkapkan bahwa yoga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan—baik fisik maupun mental. Berikut di antaranya:

Citra tubuh yang lebih baik

Yoga mampu membangun kesadaran batin. Ia membantu memfokuskan kemampuan tubuh pada momen saat ini. Dengan kata lain, yoga dapat memperkuat fungsi pikiran dan tubuh.

Biasanya, studio yoga tidak memiliki cermin. Ini membantu Anda memusatkan kesadaran ke dalam diri dan tidak berpikir berlebihan tentang orang-orang di sekitar kita.

Baca Juga: Musim Hujan, Konsumsi Makanan Berikut untuk Menangkal Penyakit

Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa mereka yang melakukan yoga, lebih sadar akan tubuh mereka dibanding yang tidak. Orang-orang ini juga lebih puas dengan kondisi tubuhnya dan jarang mengkritik fisik mereka. Dengan alasan tersebut, yoga menjadi salah satu solusi pengobatan bagi pengidap gangguan makan.

Membantu mengatur pola makan

Mindfulness mengacu pada suatu sikap penuh kesadaran dan berfokus pada momen saat ini. Berlatih yoga diketahui membantu meningkatkan mindfulness, tidak hanya dalam ruang kelas atau kantor, tapi juga aspek lain dalam kehidupan seseorang.

Pada pola makan misalnya, peneliti menemukan bahwa yoga membantu Anda lebih peduli dengan apa yang dikonsumsi. Yoga membuat Anda lebih sadar dengan apa yang dirasakan tubuh. Pada akhirnya kesadaran itu juga akan terbawa saat makan—bagaimana Anda lebih menikmati setiap gigitan sehingga bau dan cita rasa makanan yang Anda konsumsi lebih terasa.

Menurunkan berat badan

Orang-orang yang berlatih yoga memiliki kesadaran penuh pada apa yang mereka makan dan ini membantu lebih selaras dengan tubuh. Mereka juga lebih sensitif pada rasa lapar dan kenyang.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang melakukan yoga setidaknya 30 menit sekali dalam seminggu selama empat tahun, tidak mengalami kenaikan berat badan yang ekstrem. Bahkan, orang-orang yang mengalami obesitas, berat badannya turun dengan yoga.