Tak Hanya Sayur, Makanan Ringan Ini Juga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

By Aditya Driantama H, Jumat, 31 Januari 2020 | 17:59 WIB
Ilustrasi hidup sehat dan bahagia. (kieferpix/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id - Daya tahan tubuh yang minim menjadi celah bagi berbagai penyakit untuk menyerang kesehatan. Memang sudah dasarnya tubuh memiliki sistem imun, tapi kita tetap perlu menjaganya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan.

Tak hanya sayur, banyak makanan ringan dan nikmat yang ternyata kaya akan vitamin serta antioksidan. Apa sajakah? Berikut di antaranya. 

1. Jeruk

Jeruk. (Denira777/Getty Images/iStockphoto)

Tentu kita semua sudah tahu bahwa jeruk kaya akan vitamin C. Ia dapat meningkatkan sel darah putih yang berfungsi melawan berbagai infeksi. Jenis jeruk yang memiliki kandungan vitamin C tinggi di antaranya jeruk bali dan jeruk nipis.

2. Blueberry

Blueberry, buah buni yang tergolong <i>superfood</i>, memiliki banyak manfaat untuk kese (Difa Restiasari)

Salah satu jenis buah beri ini mengandung flavonoid dan antosianin, yang kaya akan antioksidan. Peneliti menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi makanan dengan flavonoid, lebih mudah terhindar dari infeksi saluran pernapasan ketimbang mereka yang jarang memakannya. 

3. Yoghurt

Ilustrasi: yogurt (Difa Restiasari)

Yoghurt merupakan sumber dari vitamin D yang cukup besar sehingga membantu mengatur daya tahan tubuh kita. Lebih sehat untuk mengonsumsi yoghurt yang polos dan tawar, dibanding yang manis dan sudah ditambah gula. 

Jika ingin menambah rasa manis, sebaiknya menggunakan buah-buahan atau madu alami.