Cara Bersihkan Ponsel untuk Membantu Melindungi Anda dari COVID-19

By Daniel Kurniawan, Rabu, 18 Maret 2020 | 16:29 WIB
Ilustrasi menggunakan smartphone. (via wired.com)

Nationalgeographic.co.id - Pemerintah Indonesia yang diwakilkan Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19, Achmad Yurianto, menyatakan hingga Rabu (18/3/2020) sudah ada 227 kasus dengan 19 korban meninggal dunia.

Coronavirus ada di sekeliling kita dan belum menunjukkan tanda-tanda akan menyerah. Salah satu cara terbaik untuk melindungi diri adalah dengan menjaga kebersihan diri. Termasuk juga barang yang sehari-hari kita gunakan seperti ponsel

Baca Juga: Apakah Seseorang Dapat Terinfeksi COVID-19 untuk Kedua Kalinya?

Apple memaparkan cara untuk membersihkan smartphone, berikut di antaranya:

Apple juga merekomendasikan untuk menggunakan tisu isopropil alkohol 70 persen atau Clorox Disinfecting Wipes untuk mengelap permukaan keras tak berpori di gawai Anda, misalnya layar, keyboard laptop, atau permukaan eksterior lainnya.

Menurut instruksi CDC, gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan ponsel dan cuci tangan Anda secara menyeluruh setelah selesai. Seperti halnya ponsel Anda, sarung tangan yang dapat digunakan kembali mungkin mengandung partikel virus, menjadikannya tidak berguna secara efektif.

Baca Juga: Karantina Wilayah Akibat Pandemi COVID-19, Polusi Udara Berkurang

Untuk casing gawai Anda, perlakukan cara yang sama selayaknya ponsel Anda. Pastikan usap seluruh sisi dan biarkan mengering sebelum dipasang kembali.

Ini mungkin hal terbaik yang dapat Anda lakukan sepanjang hari. Wabah ini bergerak cepat dan penelitian lambat untuk mengejar kecepatannya. Akibatnya, CDC belum tahu persis berapa lama virus dapat menempel di permukaan, tetapi sejumlah bukti menunjukkan, itu bisa bertahan selama "berjam-jam."