Sulianti Saroso, Dokter Peduli Penyakit Menular dan Keluarga Berencana

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 20 Maret 2020 | 10:57 WIB
Julie Sulianti Saroso. (rspi-suliantisaroso.com)

Nationalgeographic.co.id - Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso semakin sering disebut bersamaan dengan berkembangnya wabah virus corona di Indonesia. Pasalnya, rumah sakit ini menjadi tempat perawatan intensif bagi pasien COVID-19. Lantas, siapa sosok Sulianti Saroso di balik nama rumah sakit tersebut?

Memiliki nama lengkap Julie Sulianti Saroso, perempuan ini merupakan dokter Indonesia yang berdedikasi pada masanya. Dilansir dari indonesia.go.id, Profesor Dokter Sulianti Saroso terkenal akan jasanya pada pencegahan dan pengendalian penyakit menular serta keluarga berencana (KB).

Baca Juga: Temple Grandin, Ilmuwan Perempuan yang Ciptakan Alat Terapi Autis

Perempuan kelahiran Karangasem, Bali, 10 Mei 1917, ini pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan, Pemberantasan, dan Pembasmian Penyakit Menular (P4M) pada 1967. Di saat yang bersamaan, ia merangkap sebagai Direktur Lembaga Riset Kesehatan Nasional (LRKN).

Pada masa inilah, Sulianti memiliki perhatian besar pada penyakit menular. Klinik Karantina di Pelabuhan Tanjung Priok ia kembangkan menjadi rumah sakit dan pusat riset khusus penyakit menular.