Salah Satu Dinosaurus Terakhir di Bumi Ditemukan di Kota New Mexico

By Aditya Driantama H, Selasa, 31 Maret 2020 | 10:30 WIB
Ilustrasi dari Dineobellator notohesperus. Dinosaurus berbulu yang hidup di akhir jaman dinosaurus. ()

Nationalgeographic.co.id - Sepupu dari dinosaurus Velociraptor Amerika Selatan yang bernama Dineobellator notohesperus telah ditemukan di New Mexico. Dia hidup berdampingan dengan Tyrannosaurus rex pada Zaman Cretaceous atau Zaman Kapur Akhir sekitar 67 juta tahun lalu--menjadikannya salah satu spesies raptor terakhir yang masih hidup.

Sebagai predator berbulu, Dineobellator hanya memiliki tinggi sekitar 1 meter. Namun, berkat ekornya yang unik, sang raptor tersebut memiliki kelincahan yang luar biasa.

Seperti yang dijelaskan dalam jurnal Nature, fosil spesies baru ini adalah anggota keluarga dromaeosaurid yang dikenal sebagai "raptor" dan pertama kali ditemukan pada 2008.

Baca Juga: Bagaimana Manusia Selamat Dari Letusan Gunung Berapi Toba Purba?

Steven Jasinski, kurator paleontologi dan geologi di State Museum of Pennsylvania, bersama dengan rekannya menemukan 20 tulang raptor baru di bebatuan Cretaceous San Juan Basin, New Mexico.

Saat kerangka dromaeosaurid pertama kali digali di bagian ini, Dineobellator menambah pemahaman para ilmuwan tentang kehidupan di kawasan itu menjelang akhir masa kehidupan dinosaurus.

Fragmen yang terfosilisasi ()

Dilansir dari IFL Science, Steven mengatakan bahwa dromaeosaurid lebih dikenal hidup di tempat-tempat seperti Amerika Serikat bagian utara, Kanada, dan Asia. Sedikit yang diketahui tentang kelompok yang hidup di Amerika Selatan.

Leluhur Dineobellator diperkirakan telah bermigrasi dari Asia ke Amerika Utara, sebelum berkembang menjadi beberapa garis keturunan dromaeosaurid, termasuk yang ditemukan oleh Steven dan timnya ini.

Penamaan dinosaurus ini terinspirasi dari orang-orang yang saat ini tinggal di wilayah tempat dinosaurus itu pernah berkeliaran. Dineobellator notohesperus berarti "prajurit Navajo dari Barat Daya". Dia adalah predator yang cepat.

Struktur badan Dineobellator notohesperus ()

Meskipun memiliki tubuh yang ringan, ciri-ciri kaki depannya, termasuk area cakar yang besar, menunjukkan bahwa ia dapat berpegangan pada hewan yang lebih kecil seperti burung dan kadal, sementara lengannya dapat dilenturkan dengan kuat untuk mengatasi dinosaurus lainnya.