15 Ilmuwan Perempuan yang Penemuannya Mengubah Dunia

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 1 April 2020 | 19:22 WIB
Grace Hopper ()

Nationalgeographic.co.id - Mungkin Anda lebih sering mendengar nama penemu laki-laki. Namun, perempuan juga banyak berkontribusi sejak zaman dahulu. Di bidang sains dan teknologi, berikut 15 ilmuwan perempuan yang penemuannya mengubah dunia.

1. Maria Beasely

Suatu hari di tahun 1882, Maria Beasely melihat ke arah laut dan mengatakan: "Orang-orang harus berhenti meninggal di tengah bencana transportasi". Ia pun menciptakan sekoci darurat yang bermanfaat menyelamatkan nyawa banyak orang. 

2. Florence Parpart

Florence Parpart menciptakan kulkas modern pada 1914. Sebelumnya, pada 1900, Parpart juga mendapatkan hak paten atas mesin pembersih jalan temuannya yang ia pasarkan dan jual di kota-kota di Amerika.

Baca Juga: 15 Cara Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Menjaga Kelestarian Bumi

3. Ada Lovelace

Ada Lovelace. ()

Disemangati oleh ibunya yang seorang ilmuwan, Ada Lovelace sejak kecil sudah memiliki bakat di bidang matematika. Saat di bangku kuliah, Lovelace bekerjasama dengan Charles Babbage mengembangkan "mesin analitis" yang digunakan untuk memprogram mesin dengan algoritma matematika. Pada dasarnya, proyek ini membuat Ada Lovelace menjadi "programmer komputer pertama".

4. Marie Van Brittan Brown

Marie Van Brittan Brown. ()

Sistem keamanan televisi sirkuit tertutup, ciptaan Marie Van Brittan Brown yang dipatenkan pada 1969, dimaksudkan untuk membantu orang-orang yang ingin memastikan keamanannya sendiri. Ini dilakukan karena polisi lambat menanggapi panggilan bantuan dari warga New York City. Penemuan sederhana Brown menjadi dasar pengembangan CCTV modern yang digunakan saat ini.