Dianggap Menggemukkan, 5 Makanan Ini Justru Dapat Menurunkan Berat Badan

By Citra Anastasia, Minggu, 22 April 2018 | 14:17 WIB
Alpukat menjadi salah satu makanan yang dikira menggemukan badan. (Purestock)

Ada beberapa makanan tertentu yang dapat menggemukkan badan. Namun, berbagai penelitian telah menemukan bahwa makanan yang selama ini dianggap berpotensi menggemukkan justru memiliki sifat sebaliknya, yaitu menurunkan berat badan.

Berikut lima makanan yang ternyata dapat menurunkan berat badan:

Kacang Pistachio

Meskipun kacang pistachio mengandung jumlah kalori yang tinggi, makanan ini dianggap tidak menyebabkan kenaikan berat badan dalam porsi moderat. Hal ini dihubungkan dengan adanya protein dan serat dalam makanan ringan ini, karena zat-zat tersebut dianggap mengurangi asupan kalori spontan dan meningkatkan respon tubuh terhadap insulin.

(Artikel terkait: 7 Kebiasaan yang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan)

"Kombinasi protein dan serat akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama," kata Amy Gorin, MS, RDN, pemilik Amy Gorin Nutrition di New York City.

Kentang

Tak dapat disangkal bahwa kentang dalam bentuk kentang goreng dan keripik dapat menghambat upaya penurunan berat badan Anda. Namun, bagaimana jika Anda mengubah cara dalam mengkonsumsinya?

Memakan kentang polos dianggap dapat mencegah panas berlebih, rendah kalori, dan meningkatkan kontrol gula darah. Lauren Ott, ahli diet dari Houston, merekomendasikan kentang manis dan kentang putih sebagai santapan bagi para pejuang penurunan berat badan. Menurut Ott, kedua jenis kentang ini mengandung vitamin A dan C yang tinggi, serta sebagai sumber zat besi dan potasium.

Alpukat

Selain rendah karbohidrat, alpukat mengandung antioksidan, vitamin, mineral, lemak sehat, dan serat. Banyaknya kandungan tersebut dalam alpukat mencirikan buah ini sebagai makanan yang berkualitas lebih baik secara keseluruhan.

(Artikel terkait: 7 Cara Turunkan Berat Badan untuk Si Doyan Makan)