Kota Milan Akan Mengurangi Penggunaan Mobil Setelah Kucintara

By Daniel Kurniawan, Selasa, 26 Mei 2020 | 10:00 WIB
Senja jatuh di Piazza del Duomo, Milan, Italia. (walpapercave)

Nationalgeographic.co.id— Menanggapi krisis kesehatan global COVID-19, Milan telah berencana memperkenalkan salah satu skema paling ambisius di Eropa. Rencananya, pemerintah kota merelokasi ruang jalan untuk mobil menjadi jalur pesepeda dan pejalan kaki.

Di bawah kebijakan penguncian sementara (kucintara) nasional, kemacetan lalu lintas kendaraan sudah turun 30-75 persen, yang dibarengi penurunan tingkat polusi udara. Guna mencegah kembali melonjaknya penggunaan kendaraan pribadi, pejabat kota tengah mempersiapkan skema ambisius ini agar warganya sulit memilih kendaraan pribadi.

Kota ini telah mengumumkan bahwa 35 km (22 mil) jalan akan disesuaikan selama musim panas. Dengan maksud memperluas jalur pesepeda dan pejalan kaki secara cepat dan eksperimental sebelum kebijakan kucintara COVID-19 dicabut.

Diumumkan pada hari Selasa, The Strade Aperte plan, melingkupi jalur pesepeda sementara berbiaya rendah, trotoar baru dan diperlebar, batas kecepatan 30 km/jam, serta jalan prioritas pejalan kaki dan pengendara sepeda. Lokasinya termasuk lingkungan lalu lintas rendah di situs bekas Lazzaretto, tempat perlindungan bagi para korban wabah di abad ke-15 dan ke-16.

Baca Juga: Studi: Buaya Laut Purba Memiliki Evolusi yang Sama dengan Paus

Perencanaan Corso Buenos Aires sebelum dan sesudah proyek Strade Aperte. (PR/The Guardian)

Marco Granelli, Wakil Wali Kota Milan, mengatakan: “Kami bekerja selama bertahun-tahun untuk mengurangi penggunaan mobil. Jika semua orang mengendarai mobil, tidak ada ruang untuk orang lain, tidak ada ruang untuk bergerak, tidak ada ruang untuk kegiatan komersial di luar toko.

“Tentu saja, kami ingin membuka kembali perekonomian, tetapi kami pikir kami harus melakukannya dengan dasar yang berbeda dari sebelumnya."

“Kami pikir kami harus membayangkan kembali Milan dalam situasi baru. Kita harus bersiap-siap; itulah mengapa sangat penting untuk mempertahankan bagian dari ekonomi, untuk mendukung bar, pengrajin dan restoran. Ketika itu selesai, kota-kota yang masih memiliki ekonomi semacam ini akan memiliki keuntungan, dan Milan ingin berada dalam kategori itu.”

Milan adalah kota kecil padat di Italia, 15 km dari ujung ke ujung dengan 1,4 juta penduduk, 55% di antaranya menggunakan transportasi umum untuk bekerja. Perjalanan rata-rata kurang dari 4 km, membuat peralihan dari mobil sangat mungkin dilakukan banyak penduduk.

Pekerjaan dapat dimulai pada bentangan 8 km Corso Buenos Aires, salah satu jalan perbelanjaan paling penting di kota ini, pada awal Mei - dengan jalur sepeda baru dan trotoar yang diperluas. Sisa pekerjaan akan selesai pada akhir musim panas, kata para pejabat.

Baca Juga: Berkelana dari Kursi, Jadi Pejalan Bijak yang Memiliki Kebermanfaatan