Setelah Tisu Toilet, Sepeda Jadi Barang Buruan Massal di Australia

By Daniel Kurniawan, Jumat, 24 April 2020 | 10:50 WIB
Ilustrasi bersepeda. (Gbh007/Thinkstock)

Nationalgeographic.co.id - Pengusaha retail sepeda di Australia tengah berjuang untuk mengimbangi lonjakan permintaan, sejak pembatasan sosial COVID-19 mulai berlaku bulan lalu.

“Sepeda menjadi seperti tisu toilet dan semua orang menginginkannya,” ungkap Grant Kaplan, manajer Giant Sydney, toko sepeda di pusat bisnis Sydney, dikutip dari The Guardian Australia.

"Kami tidak bisa mengimbangi penjualan. Secara harfiah telepon berdering tanpa henti, ” jelasnya sambil tertawa, dan terdengar nada panggilan telepon di belakang suaranya.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya Mikroplastik Ditemukan di Es Antartika

Pada awalnya, Sean Marshall, salah satu karyawan di Giant Sydney, khawatir pembatasan COVID-19 akan membuatnya dan rekan karyawan biasa lainnya kehilangan pekerjaan. Namun, dalam waktu seminggu setelah lockdown, hasilnya justru sebaliknya. 

Toko nampaknya harus menghentikan layanan servis sepeda yang biasanya jadi sumber pendapatan utama. Sebab, mekaniknya dibanjiri pesanan merakit pembelian baru pelanggan.

Marshall, yang telah bekerja dalam industri jual-beli sepeda selama empat tahun terakhir, mengatakan kepada Guardian Australia bahwa ia akan melihat $10.000 pada hasil penjualan di hari Sabtu. Dalam dua pekan terakhir mereka “telah menghasilkan $40.000 setiap hari Sabtu, dengan level yang serupa pada minggu itu".

South Melbourne’s bikeNOW pun melihat angka yang sama. Co-manager Nathan Ziino mengatakan mereka menjual antara 40 dan 45 sepeda akhir pekan lalu, banyak di antaranya adalah model entry-level seharga $700 hingga $1.200.

bikeNOW biasanya menjual $4.000 - $15.000 sepeda kepada pelanggan kelas atas. Tapi Ziino mengatakan sebagian besar pelanggan toko baru-baru ini adalah keluarga yang ingin tetap aktif bergerak selama masa social distancing.

“Keluarga nampaknya mulai muak hanya berjalan kaki sebagai bentuk olahraga mereka. Anak-anak diliburkan sekolah atau bersekolah dari rumah. Jika Anda pergi ke lapangan sepak bola dan ada banyak orang sudah ada di sana, Anda tidak dapat melanjutkannya terkait pembatasan sosial,” katanya.

"Namun dengan sepeda, Anda bisa berolahraga dan berlatih menjaga jarak sosial," imbuhnya.

Bagi sebagian orang, pembatasan sosial akhirnya memberi mereka waktu untuk melakukan hobi baru. Di Giant Sydney, Marshall mengatakan banyak pelanggan yang bercerita bahwa mereka sudah lama ingin naik sepeda, tetapi tidak punya waktu atau motivasi  seperti sekarang.