Gajah-gajah di Penangkaran Berpotensi Kelaparan Akibat Pandemi COVID-19

By Gita Laras Widyaningrum, Rabu, 29 April 2020 | 13:39 WIB
Ilustrasi kawanan gajah di Thailand. (Thinstockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Karantina wilayah akibat pandemi COVID-19 mengancam kehidupan populasi gajah di penangkaran Thailand.

Karantina wilayah yang diberlakukan pemerintah sejak 9 Maret lalu telah melarang pengunjung asing memasuki negara tersebut. Hal ini pun berdampak pada industri pariwisata Thailand. Dan ketika sumber pendapatan tempat tinggal gajah-gajah tersebut berkurang, maka mereka berisiko kelaparan dan kekurangan gizi.

“Sama seperti kamp-kamp lainnya, kami tidak memiliki pendapatan,” uajar Colin Penberthy, juru bicara Maesa Elephant Camp, dikutip dari Newsweek.

“Pengeluaran kami lebih dari 5 juta baht (Rp2,3 miliar)  per bulan. Anda dapat melihat betapa seriusnya masalah ini bagi kami. Ya, kami memiliki cadangan uang yang dapat digunakan, tapi itu sangat terbatas,” paparnya.

Baca Juga: Lagi, Dua Kucing Peliharaan Positif Terjangkit COVID-19

Menurut World Animal Protection (WAP), sekitar 85 penangkaran di utara Thailand harus memberhentikan staf mereka dan menutup operasionalnya. Mereka yang masih bekerja, mengumpulkan rumput liar  dan makanan ternak untuk dimakan hewan-hewan di sana.

WAP memperkirakan, sekitar 2.500 gajah akan terdampak. Mereka biasanya membutuhkan 880 pound rumput, ranting pohon, dan tanaman lainnya dalam sehari.

Katheryn Wise, Wildlife Campaing Manager WAP, mengungkapkan, perlu biaya sekitar 118 dollar AS atau sekitar Rp1,8 juta untuk memberi makan satu gajah dalam seminggu. Namun, angka tersebut belum termasuk biaya perawatan hewan.

“Tanpa bantuan segera, gajah-gajah di penangkaran ini terancam kekurangan gizi dan bisa mati kelaparan,” kata Wise.

Ia menambahkan, penurunan pada industri pariwisata semakin memperparah penderitaan gajah. “Banyak gajah dikembalikan ke pemilik asalnya dan sulit melacak kondisi di sana. Namun, kami sedang berusaha menyediakan penampungan cadangan untuk merawat gajah sebaik mungkin,” jelas Wise.

Gajah di Ayutthaya, Thailand. (Thinkstockphoto)

Di sisi lain, Lek Chailert, pendiri Elephant Nature Park (ENP)—sebuah penangkaran gajah di Provinsi Chiang Mai—menyatakan bahwa pandemi ini meningkatkan jumlah gajah yang dikirim ke sana.