Cerita Kuli Perkebunan di Balik Kubah Lonceng Megah AVROS Medan

By Mahandis Yoanata Thamrin, Jumat, 1 Mei 2020 | 11:57 WIB
Gedung AVROS dibangun pada 1918-1919 di sebuah perempatan Jalan Kesawan Medan. Kubah hijau nan megah tempat bersemayamnya lonceng penanda kota. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Dentang lonceng AVROS seolah mengungkit kembali gelimang perkebunan dan jeritan kuli kontrak di Medan. Takdir pantai timur Sumatra berubah sejak pembukaan lahan perkebunan baru pada akhir abad ke-19, yang melejitkan Medan. Wajah kota itu pun bak gadis yang bersolek.

Para pemilik modal berbagai kebangsaan bertaruh dengan manisnya keuntungan hasil perkebunan. Berbagai kantor perkebunan, bank, hotel, dan sarana rekreasi pun menjamur di kota itu. Permintaan tenaga kasar perkebunan pun meningkat yang mengakibatkan mobilisasi besar-besaran penduduk dari Jawa ke Sumatra. 

Perusahaan perkebunan merekrut tenaga kerja dari Jawa dan Cina. Mengapa Jawa dan Cina? Karena pasokan tenaga kerja setempat sangat terbatas, sementara orang-orang Melayu asli tidak begitu tertarik bekerja di perkebunan.

Baca Juga: Akibat Pandemi COVID-19, 1,6 Miliar Pekerja Kehilangan Mata Pencaharian

Tangga semimelingkar di gedung AVROS Medan. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Saya memandangi sebuah gedung berkubah hijau art-nouveau berangka “1918” dan “1919” di sebuah persimpangan Jalan Kesawan, Medan. Inilah gedung AVROS (Algemeene Vereeniging van Rubberplanters ter Oostkust van Sumatra atau Asosiasi Pemilik Perkebunan Karet di Pantai Timur Sumatra) yang dibangun pada 1918-1919. Asosiasi serupa pernah dibentuk pada 1879 yang bernama Deli Planters Vereeniging (DPV).

Arsitek gedung ini adalah G.H. Mulder. Gaya arsitektur karyanya dipengaruhi oleh rasionalisme yang bangkit pada awal abad ke-20. Bangunan empat lantai dalam konstruksi beton ini juga memiliki dekorasi sederhana dalam gaya art-nouveau. Setiap lantai memiliki balkon berupa galeri terbuka. Galeri ini dirancang untuk melindungi ruang dalam dari terpaan panasnya matahari, sehingga ruangan selalu sejuk—tanpa pendingin ruangan. Inilah adalah penyesuaian arsitektur untuk iklim tropis.

Ruangan kantor di lantai dua, yang masih menampilkan mebel awal dan pertengahan abad ke-20. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Mesin menara jam gedung AVROS Medan bermerk Nederlandschefabriek Torenuurwerken B. Eijsbouts – Asten produksi 1920. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)
 

Mesin jam dan lonceng menara itu buatan pabrik sohor Bonaventura Eijsbouts di Kota Asten, Belanda, dan baru dipasang pada 1920. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)