Peluncuran Bersejarah NASA dan SpaceX, Ini Fakta yang Perlu Diketahui

By Gita Laras Widyaningrum, Kamis, 28 Mei 2020 | 18:59 WIB
Kedua astronaut yang akan memimpin misi Demo-2. (Twitter @elonmusk)

Nationalgeographic.co.id – NASA dan SpaceX sedang mempersiapkan untuk mengirim dua astronautnya ke luar angkasa dalam sebuah misi yang diharapkan dapat mengubah eksplorasi antariksa.

Ketika kedua astronaut—Robert Behnken dan Douglas Hurley—berangkat dari Kennedy Space Center ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, NASA berharap mereka bisa mematahkan tradisi dan mencetak rekor baru dalam sejarah penerbangan luar angkasa AS.

Setelah hampir satu dekade, ini pertama kalinya astronaut kembali diluncurkan dari tanah AS. Terakhir kali NASA berhasil mengirim astronaut ke luar angkasa dari AS adalah pada 2011—ketika program Space Shuttle berakhir.

Baca Juga: Pada 1110, Bulan Pernah Menghilang dari Langit, Apa Penyebabnya?

Kali ini, NASA tidak akan mengirim astronautnya sendiri. Roket dan kapsul yang akan membawa astronaut dibuat oleh SpaceX.

Berikut fakta-fakta yang perlu Anda ketahui tentang peluncuran bersejarah NASA dan SpaceX yang akan dilakukan pada Sabtu mendatang:

Apa tujuan misi ini?

Misi bernama Demo-2 ini memungkinkan AS untuk mengirim manusia lagi ke luar angkasa. Menurut NASA, Demo-2 adalah misi demonstrasi untuk menunjukkan kemampuan SpaceX dalam mengangkut para astronaut ke Stasiun Luar Angkasa Internasional kemudian membawanya kembali dengan selamat.

Selain itu, hal ini juga menjadi langkah terakhir yang diperlukan kapsul ‘pengangkut astronaut’ milik SpaceX, Crew Dragon, untuk mendapatkan sertifikasi dari Commercial Crew Program NASA agar bisa melakukan misi berawak lebih lama ke luar angkasa.

Siapakah Robert Behnken dan Douglas Hurley?

Behnken (48) dan Hurley (53), merupakan astronaut berpengalaman NASA yang telah terlibat dalam pengujian kapsul Crew Dragon.

Hurley, yang merupakan pilot pesawat tempur di Angkatan Laut AS, sebelumnya terlibat dalam penerbangan terakhir pesawat ulang-alik Atlantis pada 2011 sebelum itu dihentikan.