Karakter, Kisah, dan Adegan Nyata Di Balik Film The God Father

By Fikri Muhammad, Rabu, 10 Juni 2020 | 16:56 WIB
The Godfather (Paramount)

Nationalgeographic.co.id - Berdasarkan novel kriminal Mario Puzo tahun 1969 dengan nama yang sama, karya agung sinematik Francis Ford Coppola, The Godfather (1972) mengisahkan keluarga fiksi Corleone dan kebangkitannya untuk menjadi salah satu keluarga mafia paling kuat di Amerika.

Dibintangi oleh Marlon Brando sebagai Vito Corleone dan Al Pacino sebagai putranya Michael, The Godfather dipuji oleh para kritikus maupun penonton dan melahirkan sepasang sekuel: The Godfather II (1974) dan The Godfather III (1990).

Baca Juga: Bagaimana Rasisme Bisa Terbentuk dan Bertahan di Masyarakat?

Kisah Godfather sangat dipengaruhi oleh kisah mafia dan kejadian di dunia nyata. Berikut adalah beberapa kisah nyata di balik film-film ini yang dirangkum pada laman Biography:

Vito Corleone terinspirasi oleh Frank Castello

Marlo Brandon sebagai Vito Corleone Dan Frank Castello. (Paramount/Apic)

Karakter Vito yang diperankan oleh Marlon Brando sebenarnya adalah kombinasi dari beberapa mafia. Seperti mafia dunia nyata, Joe Profaci, Vito memiliki bisnis minyak zaitun untuk menjadi pendorong kegiatan ilegal dan menjaga lingkarannya tetap kecil dan intim. Seperti Carlo Gambino, Vito memiliki reputasi sebagai sosok yang sederhana dan di bawah radar.

Namun, karakternya paling mirip dengan mafia dalam kehidupan nyata Frank Costello yang strategis dan masuk akal. Ia dikenal sebagai "Perdana Menteri" massa karena nasihatnya yang bijak.

Seperti Costello, Vito menggunakan keterampilan diplomatik dan hubungannya dengan pengusaha berpengaruh dan politisi untuk mempertahankan kekuasaannya dan juga mencegah bawahannya untuk terlibat dalam bisnis narkotika.

Michael Corleone terinspirasi oleh Salvatore "Bill" Bonanno

Michael Corleone yang diperankan Al Pachino & Salvatore (Bettman Archive (kiri) & New York Times (kanan))

Mobster Joseph Bonanno tidak ingin putranya, Bill, untuk memasuki bisnis keluarga. Mendorong Bill untuk hidup pada jalan yang lurus. Joseph menyuruh putranya pergi ke sekolah hukum. Kenyataan ini seperti halnya Michael Corleone sebagai putra Vito. Terlepas dari keinginan ayahnya, Michael menemukan jalan pada kehidupan normal.