Mengenang Papa T Bob, Pencipta Lagu Anak-anak yang Bahagiakan Masa Kecil

By Fikri Muhammad, Jumat, 10 Juli 2020 | 17:34 WIB
Papa T Bob ()

Nationalgeographic.co.id - Kabar duka datang dari penghibur masa kecil generasi 90-an. Erwanda Lukas alias Papa T Bob telah meninggal dunia.

Sepintas teringat bagaimana tayangan televisi kala itu dipenuhi lagu-lagu anak ciptaanya.

Jika mengenang kembali, banyak anak-anak bersorai membawakan lagu yang sesuai dengan umurnya. Sebut saja Joshua Suherman, Trio Kwek-Kwek, Tina Toon, Enno Lerian, hingga Bondan Prakoso. Nama-nama yang mewarnai anak-anak kala itu di televisi atau pada pita-pita kaset yang di putar di radio tape.

Lagu-lagu anak ciptaan Papa T Bob seringkali menyisipkan edukasi.Seperti lagu Nyamuk Nakal oleh Enno Lerian misalnya, mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan. Jika tidak, maka nyamuk, tikus, dan semut akan menghampirinya. Ada pula Trio Kwek-Kwek dengan Katanya, mengajarkan budaya Indonesia.

"Indonesia negeriku. Orangnya lucu-lucu. Macam-macam budayanya. Indonesia tercinta. Orangnya ramah-ramah. Gemah ripah loh jinawi", begitulah liriknya. 

Baca Juga: Mengapa Animal Crossing Menjadi Game Fenomenal Saat Pandemi Corona?

Papa T Bob dikenang sebagai pencipta lagu yang unik. Pasalnya, sebelum menciptakan lagu, ia harus melihat dan bertemu wajah penyanyinya. Jika tidak bertemu, Papa menolak untuk menciptakan lagu menurut laman RRI

Beberapa saat setelah kabar meninggalnya Papa T Bob, Dea Ananda di akun Instagramnya menyampaikan pesan duka dan rasa syukur atas jasa Papa T Bob.

"Gak ada Om Wanda gak ada Trio Kwek-Kwek. Terima kasih atas semua karya yang selalu mewarnai hidup kami. Selamat jalan," tulisnya.

Papa T Bob meninggal dunia di usia 59 tahun pada Jumat 10 Juli 2020. Kabar diperoleh dari laman Kompas bahwa ia menderita penyakit diabetes komplikasi.

Baca Juga: CONPLAN 8888-11, Rencana Departemen Pertahanan AS Melawan Zombie

Sebelum meninggal dunia, sang mendiang bergerak pada kampanye "Save Lagu Anak" bersama sekumpulan mantan penyanyi cilik pada tahun 2016.