Kesehatan Mental Anak Muda dan Kelompok Minoritas Menurun Selama Pandemi

By Gita Laras Widyaningrum, Jumat, 21 Agustus 2020 | 15:25 WIB
Beberapa gejala depresi dapat terlihat dengan mudah. (Favor_of_God/Getty Images/iStockphoto)

Nationalgeographic.co.id – Menurut studi terbaru dari US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), satu dari empat orang dewasa di Amerika Serikat, mengatakan bahwa mereka memikirkan untuk bunuh diri beberapa bulan terakhir selama pandemi.

Hasil mengejutkan ini merupakan penelitian terbaru yang menyoroti bagaimana pandemi dan kebijakan pembatasan sosial, berpengaruh pada kesehatan mental dan masalah penyalahgunaan zat—terutama pada kalangan anak muda, pengasuh yang tidak dibayar, pekerja esensial, orang Hispanik, dan orang kulit hitam.

Baca Juga: Bagaimana Memiliki Alter Ego Dapat Membuat Diri Lebih Berdaya?

CDC melakukan survei pada 5.412 orang antara 24-30 Juni lalu mengenai kesehatan mental mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa kadar kecemasan dan depresi telah meningkat tajam dibandingkan dengan periode waktu yang sama pada 2019.

Lebih dari 40% responden melaporkan bahwa mereka setidaknya mengalami satu kondisi kesehatan mental atau perilaku yang merugikan akibat pandemi. Meliputi kecemasan dan depresi (30,9%) atau gejala gangguan trauma (26,3%). Lebih dari 13% dari mereka mengatakan mulai meningkatkan penggunaan obat-obatan untuk mengatasi stres selama pandemi COVID-19.

Anak muda, minoritas, dan beberapa kelompok sosial lainnya sangat rentan terhadap masalah tersebut. Persentase responden yang melaporkan pernah serius mempertimbangkan bunuh diri dalam 30 hari sebelum menyelesaikan survei, secara signifikan lebih tinggi pada responden berusia 18 hingga 24 tahun (25,5 persen), pengasuh tidak dibayar (30,7 persen), dan pekerja esensial ( 21,7 persen), orang Hispanik (18,6 persen), dan orang kulit hitam (15,1 persen).

Laporan ini memiliki beberapa keterbatasan karena data dikumpulkan secara anonim dari internet. Mereka juga melakukan diagnosis sendiri tanpa keterangan dari profesional.

Baca Juga: Masker Terbaik dan Terburuk Menurut Para Ilmuwan, Seperti Apa?

Meski begitu, studi tersebut mirip dengan yang lainnya terkait dampak pandemi COVID-19 pada kesehatan mental.

Juni lalu, penelitian lain dari Inggris menemukan bahwa lockdown COVID-19 berdampak besar pada kesehatan mental anak muda dan mereka yang berpendapatan rendah.

Beberapa ahli juga mengingatkan kemungkinan “ledakan” gangguan kesehatan mental menjelang akhir tahun ini. CDC mengungkapkan: “Perlu upaya untuk menangani masalah ini. Strategi komunikasi kesehatan harus memprioritaskan orang dewasa muda, kelompok minoritas, pekerja pada sektor-sektor penting selama pandemi, dan pengasuh lanjut usia yang tidak dibayar”.